OPINI

Ajak Milenial Disiplin di Jalan

MILENIAL , menjadi kata yang banyak dibicarakan di masa ini. Milenial merujuk pada generasi Y, yang kelahirannya pada pertengahan 1980 hingga 2000.

Ajak Milenial Disiplin di Jalan
TRIBUN KALTIM/RACHMAD SUJONO
Pengamat Literasi Media Sosial Pitoyo 

OLEH: Dr. Pitoyo, M.Ikom
Praktisi Media & Pemerhati Komunikasi Antarmanusia

TRIBUNKALTIM.CO - MILENIAL , menjadi kata yang banyak dibicarakan di masa ini. Milenial merujuk pada generasi Y, yang kelahirannya pada pertengahan 1980 hingga 2000.

Generasi ini ditandai dengan kelahiran multimedia yang kemudian disusul dengan revolusi industry 4.0.

GENERASI ini memiliki keunikan tersendiri, di antara keunikan milenial, yakni cenderung cepat bosan pada barang yang dibeli, ketergantungan sekali pada gadget, no gadget no life, bahkan dikenal multitasking.

Sering melakukan pembayaran nontunai, dan selalu ingin serba cepat dan instan, lebih suka berpetualang, dan kritis terhadap fenomena sosial.

Kedekatan milenial dengan gadget dan selalu update informasi ini, memberi ruang bagi aparat kepolisian untuk mengkomunikasikan inovasi atau gagasan baru yakni mengajak milenial untuk disiplin dan sopan di jalan umum.

Ajakan ini berkaitan dengan meningkatnya angka kecelakaan kendaraan bermotor sekitar 55 persen di Indonesia, korbannya adalah generasi muda. Bahkan 28,12 persen di antara korban berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa.

Iron Man dan Si Zebra hibur warga Balikpapan dalam rangkaian Milenial Road Safety Festival Satlantas Polres Balikpapan, Minggu (27/1/2019) di Lapangan Merdeka Balikpapan.
Iron Man dan Si Zebra hibur warga Balikpapan dalam rangkaian Milenial Road Safety Festival Satlantas Polres Balikpapan, Minggu (27/1/2019) di Lapangan Merdeka Balikpapan. (TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI)

Melihat tingginya angka kecelakaan yang terjadi pada generasi muda atau kaum millenial ini, Korps Lalu Lintas Polri pun bekerja sama dengan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) mengadakan Millenial Road Safety Festival.

Di mana kegiatan ini menyasar para kaum milenial agar tertib berkendara dan berlalu lintas.

“Ini karena banyaknya angka kecelakaan milenial yang terjadi pada tahun 20172018 semakin tahun semakin meningkat. Kemudian dari jumlah korban ini sebagian besar 55 persen itu kaum milenial, jadi kami targetkan kaum milenial,” ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat (20/1/2019).

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved