Demi Pelayanan Air Bersih di Kota Tarakan, Walikota Khairul Setuju Beli Air dari Swasta

PT Patra Global Energi (PGE) tidak hanya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) dengan daya 25 Megawatt (MW) di Kawasan Peternakan

Demi Pelayanan Air Bersih di Kota Tarakan, Walikota Khairul Setuju Beli Air dari Swasta
Tribun Kaltim
Walikota Tarakan Khairul 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - PT Patra Global Energi (PGE) tidak hanya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) dengan daya 25 Megawatt (MW) di Kawasan Peternakan, Jalan Aki Babu, Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat.

Namun, PT PGE juga akan membangun sumber air bersih di Kawasan Peternakan tersebut.

Rencananya sumber air bersih yang dibangun PT PGE nantinya akan dijual kepada PDAM Kota Tarakan sebagai pengelola air bersih untuk melayani masyarakat Kota Tarakan.

Menanggapi hal ini Walikota Tarakan Khairul menyetujuinya. Menurut Khairul, selama ini sumber bahan baku air PDAM mengandalkan air hujan, sehingga apabila hujan tidak turun atau kemarau, sumber air baku yang ada di beberapa embung milik PDAM Kota Tarakan kering.

Hal ini menyebabkan air PDAM tidak mengalir kepada masyarakat khususnya pelanggan PDAM.

"Persoalan air PDAM seperti ini tiap tahun selalu menjadi masalah. Oleh karena itu kita tidak mau hal seperti ini terus saja terjadi tiap tahun. Pemerintah daerah harus mencarikan solusinya agar air PDAM saat musim kemarau, air tetap mengalir," ucapnya, Senin (1/7).

Khairul mengatakan, PDAM memiliki slogan kalau hujan deras pelanggan menjadi puas. Tentunya pihaknya tidak mau hal ini terus berulang tiap tahunnya.

"Masa hujan deras, pelanggan puas. Kami maunya meskipun musim kemarau pelanggan tetap puas. Artinya air bersih tetap mengalir," katanya.

Orang nomor satu di Tarakan ini berharap apabila PT PGE telah membangun sumber air bersih yang bahan baku airnya berasal dari air laut atau air yang berada di sekitar Kawasan Peternakan harga jual airnya kepada PDAM tidak terlalu mahal.

"Mudah-mudahan harga jual air yang diberikan kepada PDAM bukan harga komersial, sehingga harga jual air bersih kepada masyarakat, khususnya pelanggan PDAM tidak terbebani. Tentunya pula permasalahan air bersih juga dapat teratasi," ujarnya.

Gubuk di Kawasan Peternakan dekat TPA di Tarakan yang bakal digusur
Gubuk di Kawasan Peternakan dekat TPA di Tarakan yang bakal digusur (Tribun Kaltim)
Halaman
123
Penulis: Junisah
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved