Musim Liburan Sekolah Sudah Tiba, Yuk Kenali Ikan Pari di Pantai-pantai Balikpapan Patut Diwaspadai

Di Kota Balikpapan memang terkenal memiliki laut yang luas dan pantai mundah dijumpai. Lokasinya bahkan, berada di tengah kota dan permukiman warga.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Musim liburan sekolah telah tiba, banyak anak-anak khususnya pelajar menghabiskan waktu liburan bermain dan bersukaria, di Pantai Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di Kota Balikpapan memang terkenal memiliki laut yang luas dan pantai mundah dijumpai. Lokasinya bahkan, berada di tengah kota dan permukiman warga.

Seperti Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Pantai Monpera dan lainnya.

Dengan budget sangat murah anak-anak bisa menikmati keseruan bermain pasir di pantai di Kota Balikpapan.

Namun, ada yang perlu diwaspadai, Ikan Pari Whiptail Stingrays (Dasyatidae) beracun saat ini menempati di sepanjang pantai Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Banyak orang tak tidak tahu, dan menggangap hal ini sepele. Padahal itu menjadi ancaman serius bagi siapapun yang tersengatnya.

Sengatan duri ikan Pari
Sengatan duri ikan Pari (Kolase/TribunKaltim.co)

Koordinator TPI Klandasan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Hery Seputro mengatakan, tolong hati-hati dengan Ikan Pari dari jenis ini Whiptail Stingrays (Dasyatidae).

"Sekalipun masih baby, tapi ini sudah punya ekor yang ber-taji (beracun/berbisa), orang yang kena sengatannga bisa panas dingin," kata Hery.

Dia pun melanjutkan, saat musim liburan sekolah seperti ini banyak anak-anak yang bermain di pantai. Seharusnya waspada dan hati-hati.

"Jika terkena sengatannya, Liburan berubah menjadi bencana karena ikan pari itu. Habitat Stingray di pantai yang berpasir," ungkapnya

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved