Berita Pemkab Mahakam Ulu

Serah Terima Hasil Infrastruktur Pemukiman Long Apari, Bupati Mahulu Kunjungi Ditjen Cipta Karya

Rapat ini menandai telah selesainya pekerjaan pengembangan pnfrastruktur permukiman di Long Apari, Mahulu TA 2015-2017 sebanyak 32 unit kegiatan.

Serah Terima Hasil Infrastruktur Pemukiman Long Apari,  Bupati Mahulu Kunjungi Ditjen Cipta Karya
HUMAS MAHULU
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan menghadiri rapat pembahasan percepatan serah terima barang milik negara hasil pekerjaan Pengembangan Infrastruktur Permukiman (PIP) di Long Apari, Kabupaten Mahulu. Rapat digelar di Direktorat Pengembangan Kawasan Pemungkiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019). 

JAKARTA - Pembahasan percepatan serah terima Barang Milik Negara (BMN) hasil pekerjaan Pengembangan Infrastruktur Permukiman (PIP) di Long Apari, Kabupaten Mahulu di Direktorat Pengembangan Kawasan Pemungkiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dihadiri Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH.

Acara berlangsung di Ruang Rapat Direktorat Pengembangan Kawasan Pemungkiman Gedung Cipta Karya, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019) siang.

Rapat ini menandai telah selesainya pekerjaan pengembangan infrastruktur permukiman di Long Apari, Mahulu Tahun Anggaran 2015-2017 sebanyak 32 unit kegiatan.

Sebagian besar pembangunan jalan poros antar-kampung di Kecamatan Long Apari dan beberapa jembatan gantung, pembangunan drainase serta pembangunan fasilitas umum senilai Rp 102.959.206.000.

Pada 2017, melalui Direktorat Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya dalam hal ini, Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kaltim melakukan kegiatan optimalisasi SPAM Kampung Tiong Ohang dan Kampung Noha Boan, Kecamatan Long Apari dengan nilai kontrak R 2.357.821.000. Anggarannya dari APBN.

Dalam kesempatan ini Bupati Mahulu menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman Ditjen Cipta Karya, melalui program PIP di Kecamatan Long Apari sangat membantu perkembangan di Mahulu, yang merupakan daerah perbatasan.

"Sejalan dengan hal ini, saya wajib mengucapkan terima kasih karena aspirasi yang telah kami sampaikan demi kemajuan pembangunan Kabupaten Mahulu, pelan-pelan dapat direalisasikan," ungkap Bupati.

Sebanyak 32 Jenis pekerjaan yang telah direalisasikan ini bisa menjadi pondasi awal bagi pembangunan infrastruktur di Mahulu, khususnya infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Mahulu, berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Bupati juga berharap, Kementerian terkait dapat terus memberikan perhatian kepada Mahulu, guna mendukung percepatan pembangunan di daerah Mahulu yang resmi dimekarkan sejak 2013 lalu.

"Kami sangat berharap juga apapun yang kami usul ke kementerian, dikabulkan dan didukung, sehingga percepatan pembangunan secara merata di Mahulu dapat terwujud dan benar-benar dirasakan masyarakat Mahulu," harapnya.

Kasubdit Kawasan Pemungkiman Wilayah I pada Kementerian PUPR Ir Ignatius Widyananda Wulanedy, MSoc,SC melalui Kepala Satker PKPS Ir John Manaek Sihombing, MSi menyatakan, pekerjaan yang ada di Kecamatan Long Apari telah selesai.

"Selanjutnya hasil pekerjaan ini akan kita serahterimakan pengelolaannya kepada Pemkab Mahulu, yang tentunya dengan mekanisme dan aturan yang berlaku" tuturnya.

Ia melanjutkan, serah terima berupa berita acara serah terima kelola ini penting untuk segera dilakukan, mengingat perawatan dan pembiayaan yang terus ada yang diakibatkan dari pembangunan ini.

Pada akhirnya Ia menghimbau agar Kementerian PUPR bersama-sama Dinas terkait di Kabupaten Mahulu bersama-sama turun ke lapangan mengecek, secara langsung 32 unit kegiatan di Kecamatan Long Apari, yang akan diserahkan ke Pemkab Mahulu.

"Semoga semua pembangunan yang telah dibangun ini, dapat dimanfaatkan untuk meningkat kesejahteraan masyarakat Mahulu," tandasnya. (hms8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved