Antisipasi Kerawanan Pangan, Kaltara Siapkan Peta Kerentanan Pangan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Utara mengklaim peta itu akan menggambarkan daerah yang rentan rawan pangan.

Antisipasi Kerawanan Pangan, Kaltara Siapkan Peta Kerentanan Pangan
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Seorang petani sedang memanen padi di Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor, Bulungan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Provinsi Kalimantan Utara membutuhkan peta ketahanan dan kerentanan pangan untuk menggambarkan daerah yang rentan rawan pangan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Utara mengklaim peta itu akan menggambarkan daerah yang rentan rawan pangan.

Kepala DPKP Kalimantan Utara Andi Santiaji Pananrangi menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerawanan pangan.

Antara lain, pengaruh akses yang belum memadai, harga komoditas yang tinggi, kurangnya fasilitas air bersih dan kesehatan, serta stunting.

"Saya rasa di Kalimantan Utara cukup rentan terjadi kerawanan pangan karena beberapa daerah masih sulit aksesnya. Tentu penyusunan peta ini akan bermanfaaat untuk mengetahui kebijakan apa yang bisa diambil ke depan," ujarnya, Rabu (3/7/2019).

Kepala Seksi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DPKP Kalimantan Utara, Suhaeli menambahkan, kasus stunting juga ditemukan di beberapa daerah, termasuk teridentifikasi sejumlah daerah yang rawan stunting.

"Di Malinau ada 10 desa. Kalau kami dalam rangka menangani stunting, ada program pemenuhan gizi pangan keluarga," ujarnya.

Program pemenuhan gizi keluarga sebut Suhaeli, sejauh ini dilakukan dengan pola sederhana namun memberi manfaat yang signifikan.

"Kita lakukan dengan pola pemanfaatan pekarangan masyarakat untuk menanam tanaman pangan," ujarnya.

Puluhan rumah tangga yang tergabung dalam kelompok masyarakat utamanya kaum ibu-ibu telah dibantu bibit dan pupuk tanaman pangan.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved