Berita Pemkab Berau

Kembangkan Produk Unggulan Kampung, Tabalar Muara Rintis Usaha Bandeng Tanpa Duri

Program ini merupakan bagian dalam pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah kampung.

Kembangkan Produk Unggulan Kampung, Tabalar Muara Rintis Usaha Bandeng Tanpa Duri
HUMASKAB BERAU
Masyarakat Kampung Tabalar Muara, Kabupaten Berau melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Mandiri Sejahtera, merintis usaha pengolahan ikan bandeng tanpa duri dalam bentuk kemasan vacum beku. Ibu-ibu antusias mengikuti pelatihan ini, pekan lalu. 

TANJUNG REDEB – Masyarakat Kampung Tabalar Muara melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Mandiri Sejahtera, merintis usaha pengolahan ikan bandeng tanpa duri dalam bentuk kemasan vacum beku.

Program ini merupakan bagian dalam pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah kampung.

Hal ini disampaikan Ketua BUMK Mandiri Sejahtera, Rukmana Paysal, di sela pelatihan quality control dan pengemasan bandeng tanpa duri oleh kelompok perempuan Tabalar Muara yang dilaksanakan pekan lalu di Kantor Kepala Kampung Tabalar Muara.

Rukmana mengatakan, pelatihan dan pengembangan usaha bandeng tanpa duri merupakan kerjasama kemitraan antara Dinas Perikanan Kabupaten Berau, The Nature Conservancy (TNC), SIGAP Sejahtera, serta program TFCA di Kampung Tabalar Muara.

Menurutnya, pelatihan quality control dan pengemasan vacum, adalah lanjutan dari pelatihan tentang cabut duri bandeng yang digelar Mei 2019 lalu.

Saya sangat bersyukur dan memberi apresiasi kepada TNC dan Dinas Perikanan mau memperhatikan kami di kampung melalui kemitraan dengan BUMK untuk memajukan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Tabalar Muara, Jalaluddin mengatakan, Bandeng Tanpa Duri yang dikembangkan BUMK merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kampung dan menambah pundi Pendapatan Asli Kampung.

Seperti diketahui, Pemerintah kampung Tabalar Muara telah mengalokasikan Rp 150 Juta sebagai modal usaha kepada BUMK Mandiri Sejahtera di tahun 2018.

Camat Tabalar Saharuddin, yang hadir dalam pembukaan pelatihan mengatakan, program kemitraan BUMK Tabalar Muara dengan pengembangan produk unggulan kampung patut mendapat contoh dari BUMK lain yang berada di wilayah Kecamatan Tabalar.

Menurut Saharuddin, gagasan mengembangkan produk ikan bandeng tanpa duri merupakan terobosan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kampung dan Kecamatan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Budidaya Perikanan, Yunda Zuliarsih, menjelaskan bahwa produk bandeng tanpa duri Tabalar Muara menjadi bagian dari program Ikanku Fresh yang dikembangkan Dinas Perikanan.

Ikanku Fresh adalah program pengolahan pasca panen yang menyediakan produk segar, ramah lingkungan, dan higenis, bagi konsumen.

“Karena ini yang pertama di Berau, produk bandeng tanpa duri Tabalar Muara akan kita pamerkan dalam Pekan Daerah KTNA di Labanan yang akan diselenggarakan 20 sampai 25 Juli nanti. Setelah itu kita akan launching produk ini lebih massif lagi pada saat peringatan Hari Ikan Nasional tahun ini,” ujar Yunda. (advertorial/gef)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved