Pansus RTRW Ditenggat Waktu Sampai Akhir Juli, Pembahasan Selama 3 Tahun bisa Sia-Sia

Draft dokumen RTRW ini mendesak harus segera selesai lantaran menjadi dasar untuk keperluan pembangunan sejumlah mega industri di Kota Bontang.

Pansus RTRW Ditenggat Waktu Sampai Akhir Juli, Pembahasan Selama 3 Tahun bisa Sia-Sia
TribunKaltim.Co/Ichwal Setiawan
HARUS SELESAI — Pansus RTRW Bontang ditenggat waktu sampai akhir Juli Ini jika tak ingin pembahasan materi Raperda RTRW dimulai dari awal lagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Panitia Khusus (Pansus) Raperda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Bontang dan Tim Asistensi Daerah kerja maraton merampungkan pembahasan materi Raperda.

Draft dokumen RTRW ini mendesak harus segera selesai lantaran menjadi dasar untuk keperluan pembangunan sejumlah mega industri di Kota Bontang.

Apabila pembahasan tak kunjung rampung per akhir Juli ini, maka Raperda bakal dibahas mulai dari awal oleh anggota DPRD periode 2019-2024.

Kilang Bontang Dilengkapi Industri Petrokimia, Pemkot Siapkan Lahan 800 Ha

Disdikbud Bontang Beri Kebijakan Khusus Warga Pesisir Saat Daftar PPDB

Pansus ditarget menyelesaikan pembahasan pada 31 Juli mendatang. Masih ada tiga poin pembahasan yang perlu mendapat kesepakatan antara Pansus RTRW dan Tim Asistensi Daerah.

Ketiga poin tersebut antara lain, penetapan kawasan industri di Bontang Lestari, reklamasi pantai di Badak dan penentuan titik pelabuhan di kawasan industri.

Ketua Pansus RTRW, Muslimin mengatakan persetujuan subtansi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sudah dikantongi. Pansus dan Tim Asistensi Raperda sisa menyepakati ketiga poin yang masih tersisa.

Ada sejumlah perubahan materi Raperda antara lain pengubahan titik pelabuhan di kawasan industri Bontang, dan titik reklamasi pantai, lalu perluasan kawasan industri menjadi 828 hektar.

“Perluasan kawasan industri ini diperlukan untuk persiapan kilang Bontang,” ujar Ketua Pansus, Muslimin.

Pansus, kata Muslimin, mengupayakan pembahasan segera selesai bulan ini, sehingga, bisa disahkan menjadi Perda Kota Bontang bulan depan.

Sementara itu, Asisten II Setda Bontang, Zulkifli menambahkan pengubahan materi sesuai Peraturan Kementerian ATR Nomor 1/2018 Tentang Pedoman Penyusunan RTRW Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved