Berita Pemkab Kutai Barat

Siapkan 5.000 Blanko, Bupati Kubar Imbau Semua Anak Segera Miliki KIA, Ini Manfaatnya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kubar sudah me- launching Kartu Identitas Anak (KIA) sejak 10 Juni 2019.

Siapkan 5.000 Blanko, Bupati Kubar Imbau Semua Anak Segera Miliki KIA, Ini Manfaatnya
HUMASKAB KUBAR
Secara simbolis pada peringatan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke-XXVI tahun 2019, Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja menyerahkan KIA kepada putri kembarnya, Sabtu (29/6/2019). 

SENDAWAR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kubar sudah me- launching Kartu Identitas Anak (KIA) sejak 10 Juni 2019.

Secara simbolis pada peringatan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke-XXVI tahun 2019, Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja menyerahkan KIA kepada putri kembarnya, Sabtu (29/6/2019).

Proses pembuatan KIA sudah bisa dimulai seiring keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang mewajibkan semua anak memiliki identitas diri. Segala ketentuan dan kebijakan mengenai KIA mengacu Permendagri No. 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

"Launching KIA sudah dilaksanakan Disdukcapil Kubar, selanjutnya tinggal ditindaklanjuti dengan sosialisasi kepada masyarakat Kubar. KIA tersebut bertujuan mempersiapkan generasi penerus yang sebaik-baiknya. Tidak cukup dengan hanya akte kelahiran, tapi sekarang ada KIA," jelas Bupati.

Bupati menambahkan, KIA digunakan supaya pemerintah memiliki basis data akurat. Dengan demikian perencanaan pembangunan sesuai kebutuhan.

Selain itu, Disdukcapil akan menjalankan program jemput bola mulai 2020 untuk kepengurus KIA ke sekolah-sekolah. Di balik KIA tersebut ada hak anak dan ada pengakuan negara terhadap anak.

Selanjutnya, masyarakat di 16 kecamatan se-Kubar diharapkan tidak lalai dan segera mengurus KIA di Disdukcapil Kubar. Jika anak-anak memiliki KIA, berarti anak-anak Kubar terdaftar sebagai anak Indonesia dan memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh negara sebagai anak Indonesia," tukas Yapan.

Yapan juga mengimbau kepada para orangtua yang belum mengurus KIA agar segera melakukan dan mendaftarkan anaknya untuk pembuatan identitas tersebut di Disdukcapil Kubar.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ayanlia menjelaskan peryaratan sudah sangat jelas pembuatan KIA cukup bawa KK (Kartu Keluarga), fotokopi KTP orangtua, fotokopi kutipan kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran asli, pas foto anak berwarna ukuran 2x3 dua lembar untuk usia 5-17 tahun kurang 1 hari, untuk tahun genap latar foto biru, dan tahun ganjil warna merah dan draf KK putih terbaru.

Sedangkan perekaman KIA, disyaratkan membawa kelengkapan administrasi dan KIA akan berlaku hingga anak telah mencapai umur 17 tahun.

Selanjutnya juga dijelaskan untuk 2019 Disduk Capil hanya melakukan pelayanan KIA secara reguler, artinya pelayanan hanya dilakukan di Kantor Disdukcapil. Mulai 2020 baru ada kegiatan jemput bola ke sekolah-sekolah.

Murid SD sudah wajib melampirkan foto sehingga dengan program tersebut murid-murid bisa langsung foto di tempat dalam pembuatan KIA sama seperti pembuatan KTP elektronik di sekolah yang pernah dilaksanakan oleh Disdukcapil.

Disdukcapil menyiapkan 5 ribu blangko KIA atau KTP anak pada 2019. Jam pelayanan dibuka 08.30-15.30 WITA. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved