Undur Jadwal Pleno Penetapan, KPUD PPU Gelar Bimtek Penetapan Calon Terpilih dan Perolehan Kursi

Kalau kita melihat keseluruhan jumlah suara, suara Golkar lebih besar dari PDIP. Tapi secara perolehan kursi, lebih banyak kursi PDIP

Undur Jadwal Pleno Penetapan, KPUD PPU Gelar Bimtek Penetapan Calon Terpilih dan Perolehan Kursi
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Irwan Syahwana, Ketua KPUD PPU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Jadwal pleno penetapan calon terpilih dan perolehan kursi calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 yang berlangsung tanggal 17 April 2019 lalu, yang dijadwalkan secara tentatif untuk Kabupaten Penajam Paser Utara pada esok, Kamis (4/7/2019), terpaksa ditunda.

Hal ini karena Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten PPU belum menerima surat resmi dari KPU RI yang juga menunggu surat resmi Mahkamah Konstitusi (MK)

"Terpaksa kami undur. Begitupula dengan 9 Kabupaten/Kota lain di Kalimantan Timur," kata Ketua KPU PPU Irwan Syahwana pada Rabu, (3/7/2019).

Untuk menyiasati, karena KPUD PPU telah menjadwalkan rapat pleno penetapan calon terpilih dan perolehan kursi, jauh hari sebelumnya, diganti menjadi Bimtek rata cara Perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

"Karena kita telah menetukan tempat dan jadwal, undangan juga sudah disebar, jadi kita ganti agendanya," tutur Ketua KPU PPU Irwan Syahwana.

Bertempat di Aula Lantai 1 Sekretariat Kabupaten (Setkab) PPU, kegiatan Bimtek dimulai pukul 10.30 Wita.

Kegiatan Bimtek yang mengundang partai politik (parpol), agar semua parpol nantinya paham bagaimana metode perolehan kursinya.

"Karena selama ini, ada yang berasumsi. Contohnya di Kabupaten PPU, Partai Golkar dan PDIP. Kalau kita melihat keseluruhan jumlah suara, suara Golkar lebih besar dari PDIP. Tapi secara perolehan kursi, lebih banyak kursi PDIP daripada Golkar. Kenapa demikian, karena perhitungan kursi bukan berdasarkan suara se-Kabupaten, melainkan perdapil," jelasnya.

Baca Juga;

Mendagri Tegur 103 Kepala Daerah, Minta ASN Korup Dipecat, Ini Daftarnya untuk Kaltim dan Kaltara

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved