Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Kukar Serukan Tanam 25 Pohon Seumur Hidup

peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 yang mengusung tema Biru Langitku Hijau Bumiku, di Desa Bukit Pariaman

Bupati Kukar Serukan Tanam 25 Pohon Seumur Hidup
HUMASKAB KUKAR
Selain menyerukan untuk menanam pohon, Bupati Kukar Edi Damansyah juga memberikan penghargaan kepada sejumlah perushaan, serta menandatangani prasasti terkait lingkungan hidup pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Tenggarong Seberang. 

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memimpin peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 yang mengusung tema Biru Langitku Hijau Bumiku, di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (2/7).

Edi Damansyah yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengatakan bahwa tema kali ini diambil untuk mengendalikan polusi udara dalam upaya menata bumi untuk lebih hijau.

Untuk itu dalam menata udara maka diperlukan penataan kawasan seperti memperbanyak taman kota, memperbanyak trotoar untuk pejalan kaki dan membangun jalan-jalan untuk pengguna sepeda dan pembangunan fasilitas-fasilitas transportasi umum. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi polusi udara.

Lebih lanjut, disampaikannya pembangunan fasilitas transportasi umum selain untuk mengurangi polusi udara juga untuk mendorong Pembangunan ruang publik yang bersih merupakan salah satu proses perubahan prilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam upaya pengurangi polusi udara juga perlu diimbangi dengan gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi udara.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meyerukan tanam 25 pohon saat memimpin peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019  di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (2/7/2019).
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meyerukan tanam 25 pohon saat memimpin peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (2/7/2019). (HUMASKAB KUKAR)

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program penanaman 25 pohon seumur hidup dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tanah dan ekosistem di bumi,” serunya.

Dalam kesempatan tersebut di berikan penghargaan dari Pemkab Kukar Kepada PT. Pertamina Hulu Mahakam atas partisipasinya membina mendukung program sekolah adiwiyata di Kecamatan Anggana, Sangasanga, Muara Jawa dan Samboja.

Selain itu juga diberikan penghargaan atas partisipasi dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terigrasi dan mendorong replikasi kegiatan program kampung iklim di Dusun Pulau mas Desa Bhuana Jaya Tenggarong Seberang.

Sehingga memberikan kontribusi terhadap upaya pengelolaan lingkungan dalam perubahan iklim kepada PT. Khotai Makmur Insan Abadi, PT. Pama Persada Nusantara Distrik Baya, PT. United Tractors, PT. Bhumiku Jaya Abadi, PT. Anugrah Bara Kaltim dan PT. Pama Persada Nusantara Distrik ABK.

Penyerahan Piagam atas partisipasi dalam membina dan mendukung program Bank sampah Dikecamatan Tenggarong Sebrang kepada PT. Jembayan Muara Bara, PT. Khotai Makmur Insan Abadi, PT, Mahakam Sumber jaya dan PT Kitadin.

Acara tersebut ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar Sunggono, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin.

Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian Bank sampah sehat Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Kukar dan Prasasti pencanangan kampung iklim Dusun Sukasari Dresa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang. (yuliati- Medsi03)*

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved