KPU Bulungan Batalkan Pesanan Gedung dan Catering, Akibat Penetapan Kursi dan Caleg yang Tertunda

"Jadi pada dasarnya kita tetap menunggu Surat KPU RI untuk melakukan penetapan. Dan batas waktu sampai kapan, itu belum bisa kami ketahui"

KPU Bulungan Batalkan Pesanan Gedung dan Catering, Akibat Penetapan Kursi dan Caleg yang Tertunda
Tribunkaltim.co, Arfan
Lili Suryani, Ketua KPU Bulungan 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara, KPU Kabupaten Bulungan juga belum menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Bulungan hasil Pemilu 17 April 2019 kemarin.

Penyebabnya, sama dengan yang dialami KPU Kalimantan Utara beserta seluruh KPU Daerah di Tanah Air.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani menjelaskan, dalam Surat Edarannya, KPU RI meminta KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menunda penetapan sampai terbitnya Surat Edaran KPU RI yang mengamanatkan dapat dilaksanakannya rapat pleno penetapan.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengatakan, sesuai Peraturan KPU RI (PKPU) Nomor 10 Tahun 2019, seharusnya penetapan perolehan kursi dan calon terpilih itu sudah bisa dilakukan 3 hari setelah MK (Mahkamah Konstitusi) mencantumkan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Yang mana jadwal pencatatannya tanggal 1 Juli.

"Namun terbit Surat Edaran KPU RI bahwa penetapan baru bisa dilakukan paling lambat 5 hari setelah Surat KPU RI yang menjelaskan bahwa KPU RI telah menerima Surat Panitera MK mengenai daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU," kata Ketua KPU Bulungan Lili Suryani kepada Tribunkaltim.co, Kamis (4/7/2019).

Untuk Bulungan sebutnya, sejauh ini tidak ada permohonan PHPU masuk ke MK. Walau demikian, KPU Bulungan tetap harus menunggu Surat Edaran KPU RI yang dimaksud.

"Jadi kami tidak berpatokan PKPU lagi karena ada edaran KPI RI yang meminta untuk menunggu edaran terbaru KPU RI untuk memastikan daerah-daerah mana yang ada sidang perkara dan yang tidak berperkara," ujar Ketua KPU Bulungan Lili Suryani.

"Jadi pada dasarnya kita tetap menunggu Surat KPU RI untuk melakukan penetapan. Dan batas waktu sampai kapan, itu belum bisa kami ketahui," ujar Ketua KPU Bulungan Lili Suryani.

Setelah penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, KPU Bulungan sebut Lili akan menyerahkan hasil penetapan kepada Pemkab untuk persiapan pelantikan anggota DPRD terpilih.

Baca Juga;

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved