Berita Pemprov Kalimantan Utara

Menuju Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, Begini Kelebihan Inovasi Si Pelandukilat Kaltara

Seleksi dilakukan lewat wawancara dan presentasi dari tim inovator di hadapan tim panel independen. Dijadwalkan 16 Juli mendatang di Kemenpan-RB

Menuju Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, Begini Kelebihan Inovasi Si Pelandukilat Kaltara
Humas Pemprov Kalimantan Utara
Kegiatan Sipelandukilat di wilayah perbatasan Kaltara, baru-baru ini. 

TANJUNG SELOR - Melalui Instruksi Gubernur Kalimantan Utara Nomor 1 Tahun 2019, tentang One Agency One Innovation, Pemprov Kaltara mendorong tiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk berinovasi.

Hasilnya, pada 2018 sebanyak 87 inovasi dari 36 OPD diwujudkan, dan diserahkan kepada Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Kaltara. Salah satu inovasi itu, adalah Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk Wilayah Perbatasan (Si Pelandukilat).

Bahkan, Si Pelandukilat masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2019 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Samuel Parrangan.

Kepala Disdukcapil Kaltara Samuel Parangan
Kepala Disdukcapil Kaltara Samuel Parangan (HUMASPROV KALTARA)

“Sistem ini dilakukan dengan metode jemput bola. Dimana, petugas yang mendatangi lokasi untuk pelayanan pembuatan dokumen kependudukan warga setempat. Pelayanannya dilakukan secara cepat, tepat dan gratis,” kata Samuel saat menjadi narasumber pada Respons Kaltara (ResKal) edisi ke-46, Selasa (2/7/2019).

Si Pelandukilat juga memutus persoalan jarak dan kesulitan masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

“Dalam pelaksanaannya, Disdukcapil Kaltara bekerjasama dengan Disdukcapil setempat. Untuk waktu dan lokasi pelaksanaan pelayanannya sendiri, tergantung usulan pemerintah daerah setempat,” urai Samuel.

Sekaitan dengan KIPP 2019, Si Pelandukilat termasuk dalam kategori pelayanan publik responsif gender. Dikatakan Kepala Biro Organisasi Setprov Kaltara Abdul Madjid, dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Si Pelandukilat akan diseleksi lagi guna menuju Top 40 Inovasi Pelayanan Publik.

“Seleksi dilakukan lewat wawancara dan presentasi dari tim inovator di hadapan tim panel independen. Dijadwalkan 16 Juli mendatang di Kemenpan-RB, dan akan dihadiri langsung Gubernur Kaltara,” urai Madjid yang turut menjadi narasumber ResKal bertema “Inovasi Tanpa Henti” itu.

ATURAN BARU PENGANTAR RT

Grafis Sipelandukilat
Grafis Sipelandukilat (HUMASPROV KALTARA)
Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved