Perbatasan Indonesia Malaysia

Warga Nunukan dan Malinau Perbatasan Indonesia Malaysia Serahkan 160 Senjata Api, Begini Alasannya

Keberhasilan pelaksanaan tugas Kodim dan Satgas Pengamanan perbatasan Indonesia Malaysia, Kodam VI Mulawarman di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Keberhasilan pelaksanaan tugas Kodim dan Satgas Pengamanan perbatasan Indonesia Malaysia, Kodam VI Mulawarman di wilayah Provinsi Kalimantan Utara telah berhasil merebut hati rakyat (winning the heart).

Hal ini disampaikan oleh Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino kepada Tribunkaltim.co melalui sambungan WhatsApp pada Kamis (4/7/2019) pagi di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

Dia menyatakan, melalui kegiatan pengamanan oleh Kodam VI Mulawarman di perbatasan maka masyarakat di wilayah perbatasan secara sadar menyerahkan berbagai senjata rakitan.

"Selama ini mereka simpan untuk tujuan tertentu," ujarnya. 

Kapendam menjelaskan, Komunikasi Sosial atau Komsos Dialogis sebagai metode komunikasi yang selama ini dilaksanakan satuan jajaran Kodam VI Mulawarman secara intensif dengan berbagai pihak.

Di antaranya dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh agama di wilayah Provoinsi Kalimantan Utara.

Artinya melalui kegiatan yang dilaksanakan Kodam VI Mulawarman telah memberikan hasil nyata di lapangan.

"Berkat Komunikasi Sosial Dialogis yang berjalan intens selama ini telah berhasil memberikan kesadaran masyarakat Nunukan dan wilayah perbatasan untuk secara sukarela menyerahkan kurang lebih 160 pucuk senjata rakitan," ungkapnya. 

Masyarakat perbatasan menyadari bahwa kepemilikan senjata api rakitan secara pribadi adalah tindakan yang menyalahi aturan dan undang-undang.

"Sehingga mereka secara ikhlas dan sukarela mau menyerahkan berbagai jenis senjata api rakitan kepada personel Babinsa dan personel Satgas," tegas Kapendam. 

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved