KPU Mulai Siapkan Data Pemilih Pilgub Kaltara 2020

salah satu instrumen pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah hasil penyusunan daftar pemilih pada Pilpres dan Pileg April 2019 kemarin

KPU Mulai Siapkan Data Pemilih Pilgub Kaltara 2020
Tribunkaltim.co, M Arfan
Suasana pembukaan kotak suara dan pengambilan formulir model A.DPK-KPU di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bulungan 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Provinsi Kalimantan Utara merupakan salah satu daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 mendatang.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara tengah mempersiapkan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Komisioner KPU Kalimantan Utara Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Maimunah menjelaskan, salah satu instrumen pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah hasil penyusunan daftar pemilih pada Pilpres dan Pileg April 2019 kemarin.

"Hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan itu nanti yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan daftar pemilih untuk pilkada," kata Maimunah, Minggu (7/7/2019).

Suasana pembukaan kotak suara dan pengambilan formulir model A.DPK-KPU di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bulungan
Suasana pembukaan kotak suara dan pengambilan formulir model A.DPK-KPU di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bulungan (Tribunkaltim.co, Arfan)

Salah satu yang menjadi atensi KPU adalah Daftar Pemilih Khusus (DPK). KPU RI meminta KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menginput DPK ke dalam sistem Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih).

"Untuk mengetahui berapa banyak DPK, kita diminta KPU RI berdasarkan Surat Edaran 942/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2019 untuk membuka kotak suara dan mengambil formulir model A.DPK-KPU, tentu berkoordinasi dengan Bawaslu, Kepolisian, dan jajaran lainnya," ujar Maimunah.

Maimunah menjelaskan, proses pengambilan formulir model A.DPK-KPU saat ini masih berlangsung di tingkat kabupaten/kota.

Setelah pengambil formulir tersebut, datanya kemudian akan diinput ke dalam Sidalih.

Selain DPK, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sebut Maimunah diminta melakukan penyesuaian Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Sidalih sesuai hasil pleno penghitungan suara tingkat nasional.

Baca Juga;

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved