Tak Ditemukan, Tim SAR Tutup Operasi Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Muara Berau

Tim SAR Gabungan yang dikomandoi Unit Siaga SAR Samarinda menghentikan, serta menutup operasi pencarian.

Tak Ditemukan,  Tim SAR Tutup Operasi Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Muara Berau
TribunKaltim.CO/HO/Unit Siaga SAR Samarinda
OPERASI SAR - Tim SAR Gabungan menghentikan operasi pencarian terhadap korban tenggelam di perairan Muara Berau, Minggu (7/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Di hari terakhir pencarian terhadap korban tenggelam di perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak juga  berhasil, Minggu (7/7).

Dengan demikian, Tim SAR Gabungan yang dikomandoi Unit Siaga SAR Samarinda menghentikan, serta menutup operasi pencarian.

Hal itu dilakukan  berdasarkan standart prosedur Basarnas, yakni melakukan operasi pencarian selama tujuh hari, dan jika tetap tidak ditemukannya korban maka  operasi akan ditutup.

"Hari ke tujuh pencarian hasilnya nihil, dan operasi SAR ini ditutup, dilanjutkan dengan kesiapsiagaan," ucap Kepala Unit Siaga SAR Samarinda, Dede Hariana, Minggu (7/7/2019).

Bahkan, pihaknya telah melakukan pencarian hingga mencapai wilayah Kota Bontang. Namun, di hari ketujuh yang merupakan hari terakhir pencarian korban tidak kunjung ditemukan.

"Sesuai standar prosedur pencarian Basarnas, jika korban tidak ditemukan hingga hari terakhir, maka operasi ditutup, masing-masing unsur yang terlibat dapat kembali ke satuannya," jelasnya.

Untuk diketahui, pencarian terhadap korban dilakukan hanya dengan melakukan penyisiran menggunakan rubber boat Basarnas, speed boat TNI AL, kapal pandu Pelindo IV, dan enam unit perahu kerabat korban.

Tidak dilakukan penyelaman, mengingat lokasi tenggelamnya korban berada di kawasan laut di  Selat Makassar, dengan kedalaman lebih dari 100 meter.

Bahkan, pihaknya telah melakukan penyisiran mencapai wilayah Tanjung Santan, tidak jauh dari kawasan Kota Bontang.

OPERASI SAR - Tim SAR Gabungan melakukan upaya mencarian terhadap korban tenggelam di perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (4/6/2019) pagi.
OPERASI SAR - Tim SAR Gabungan melakukan upaya mencarian terhadap korban tenggelam di perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (4/6/2019) pagi. (TribunKaltim.Co/HO Basarnas Balikpapan)

Kendala yang dihadapi tim SAR gabungan yakni gelombang, dan luasnya wilayah pencarian. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan upaya maksimal terhadap pencarian korban.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved