Ini Jawaban Resmi Teka-Teki Boleh Tidaknya Maruf Amin Pakai Sarung Saat Berdinas sebagai Wapres RI

Akhirnya ada jawaban resmi boleh tidaknya Maruf Amin mengenakan sarung saat menjabat sebagai Wapres RI. Berdasarkan aturan pakaian kenegaraan

Ini Jawaban Resmi Teka-Teki Boleh Tidaknya Maruf Amin Pakai Sarung Saat Berdinas sebagai Wapres RI
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Maruf Amin (kanan) memberikan keterangan saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan KH Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. Beredar broadcast daftar menteri kabinet Jokowi-Maruf Amin. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gaya berpakaian Maruf Amin jadi sorotan, terlebih saat dirinya sudah dinyatakan sebagai Wakil Presiden atau Wapres terpilih RI.

Dalam berbusana, Maruf Amin yang juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI, kerap menggunakan sarung sebagai bawahan.

Hal itulah yang menjadi pertanyaan para wartawan saat Maruf Amin berkunjung ke Kantor Wapres, Jakarta, untuk memenuhi undangan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Saat itu, Maruf Amin datang ke Kantor Wapres mengenakan sarung yang dipadu dengan jas, peci hitam, serta serban putih yang dikalungkan di leher.

Gaya busana seperti itu merupakan ciri khas Maruf Amin sejak sebelum mendaftar sebagai cawapres untuk mendampingi Presiden Joko Widodo.

"Karena saya sudah (sejak dulu) pakai sarung ya nyaman.

Jika harus pakai celana juga bisa.

Siap. Jadi pakai apa saja siap," tutur Ma'ruf ketika berkunjung ke Kantor Wapres.

Meskipun belum pernah ada wakil presiden yang memiliki gaya berpakaian seperti Maruf Amin, Kepala Biro Protokol Sekretariat Wakil Presiden Sapto Harjono menyatakan, tak ada masalah dengan gaya berpakain Ma'ruf.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian pada Acara Kenegeraan dan Resmi, menurut dia, penggunaan sarung diperbolehkan.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved