KPU Paser Buka Kotak Surat Suara 10 Kecamatan, Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid mengatakan 10 kotak surat suara dibuka untuk diambil formulir model A Daftar Pemilih Khusus (DPK)

KPU Paser Buka Kotak Surat Suara 10 Kecamatan, Pemutakhiran Data Pemilih
TRibunkaltim.Co/Margaret Sarita
Kotak suara sudah tiba di PPK Sangatta Utara, dan selanjutnya akan diserahkan ke tiga TPS yang melakukan pemungutan suara ulang 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Selasa (9/7/2019), membuka kotak surat suara 10 kecamatan di Paser.

Pembukaan kotak surat suara disaksikan Bawaslu Paser dan Kabag Ops Polres Paser Kompol Bargas Hartoko.

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid mengatakan 10 kotak surat suara dibuka untuk diambil formulir model A Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Hal ini sebagai tindak lanjut perintah KPU pusat dan provinsi dalam rangka pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

Selain data pemilih yang ditetapkan KPU, pada Pileg dan Pilpres di Pemilu 2019 kemarin ada juga data pemilih yang hadir di TPS pada satu jam terakhir.

"Yang tidak terdata di dalam DPT dan DPTb, itu (DPK) yang ingin kita masukan ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Simdalih),” kata Qayyim kepada Tribunkaltim.co pada Selasa (9/7/2019).

Data DPK menurut Qayyim sebenarnya sudah terdeteksi dalam sistem yang menyimpan data berita acara setiap TPS.

Yakni sebanyak 7.759 pemilih di 10 kecamatan Paser. Untuk kemutakhiran data pemilih, data DPK akan diinput formulir model A DPK-nya saja.

“Kita berkewajiban memutakhirkan data pemilih, sebagai salah satu persiapan pelaksanaan Pilkada 2020, khususnya Divisi Program dan Data KPU Paser. Ini penting untuk penentuan persentase dukungan untuk calon perseorangan, sebab persentasenya berdasarkan DPT terakhir yang ditetapkan KPU,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Program dan Data M Makbul mengatakan pemutakhiran data pemilih dengan cara mengeluarkan formulir model A DPK dilakukan sesuai ketentuan, yakni dengan berkoordinasi ke Bawaslu dan Polres Paser.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved