Pemilik Kios Dapat Santunan Rp 10 Juta, Wabup Kasmidi Bulang Tinjau Lokasi Kebakaran di Sangkulirang

Sesuai kesepakatan warga dan pemerintah, lokasi pasar yang terbakar akan dibangun jembatan terlebih dulu. Petak kios dibangun oleh warga sendiri

Pemilik Kios Dapat Santunan Rp 10 Juta, Wabup Kasmidi Bulang Tinjau Lokasi Kebakaran di Sangkulirang
Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA
Wabup Kasmidi Bulang didampingi Sekda Irawansyah menyerahkan bantuan sembako pada warga korban kebakaran di Kecamatan Sangkulirang 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM bersama Sekda Drs H Irawansyah M Si meninjau lokasi kebakaran di Pasar Sangkulirang, Selasa (9/7). Tak kurang 60 petak los maupun kios rata dengan tanah akibat peristiwa yang terjadi pada Jumat (5/7) lalu.

Keduanya menyerahkan bantuan sembako dan 50 lembar terpal serta tandon dari Pemkab Kutim melalui Dinas Sosial kepada para korban kebakaran. Ada pula bantuan makanan siap saji berupa mie instan, sarden serta telur sebanyak 50 rak.

Bantuan lain yang diberikan pemerintah berupa santunan kepada korban kebakaran, berupa uang tunai sebanyak Rp 10 juta bagi pemilik kios dan Rp 5 juta bagi penyewa kios.

Tak ketinggalan, bantuan sembako juga diberikan Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur yang ikut dalam kunjungan tersebut. “Sebagian korban, ada yang sudah mendapat petak jualan sementara. Sebagian belum,” ujar Kepala Pasar Sangkulirang, Aliansyah.

Sesuai kesepakatan warga dan pemerintah, lokasi pasar yang terbakar akan dibangun jembatan terlebih dulu. Sementara pembangunan petak kios dibangun oleh warga sendiri.

Namun, pasca dibangun jembatan, warga diminta tidak berjualan di atas jembatan. “Pembangunan jembatan dimulai pekan depan,” ungkap Kepala Dinas PU Kutim Aswandini Eka Tirta.

Wabup Kasmidi Bulang didampingi Sekda Irawansyah meninjau lokasi kebakaran di Pasar Sangkulirang dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga korban kebakaran
Wabup Kasmidi Bulang didampingi Sekda Irawansyah meninjau lokasi kebakaran di Pasar Sangkulirang dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga korban kebakaran (Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA)

Wabup Kasmidi Bulang mengatakan kemungkinan kebakaran merupakan faktor kelalaikan semua pihak. Seperti kabel yang sudah tua atau kondisi lapak yang saling berdekatan sehingga menyulitkan proses evakuasi dan pengendalian api saat terjadi kebakaran.

“Ada pula pesan dari Pak Bupati, agar tidak dibangun dulu. Karena ingin ditata dulu agar saat pembangunan nanti, bisa lebih rapi dan nyaman juga terlihat indah,” ujar Wabup Kasmidi Bulang.

Pasar adalah kapasitas umum yang di dalamnya banyak kepentingan. Jadi harus mengedepankan kenyamanan. Pembangunan pasar yang menggunakan dana APBD akan ditata lebih baik.

“Harus diatur dengan baik, agar ketika terjadi musibah, bisa ditanggulangi dengan cepat. Sangkulirang adalah icon yang banyak dikenal warga,” ungkap Wabup Kasmidi Bulang.(sar)

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved