Ternyata Ini Alasan Munculnya Perda Pembentukan Badan Permusyawaratan Kampung

Pemkab dan DPRD Berau telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pembentukan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK).

Ternyata Ini Alasan Munculnya Perda Pembentukan Badan Permusyawaratan Kampung
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Bupati Berau, Muharram resmikan jaringan listrik di Kampung Bena Baru. Muharram berharap, kepala kampung dan BPK lebih kompak membangun wilayahnya masing-masing, agar tidak tertinggal dengan masyarakat di perkotaan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Pemkab dan DPRD Berau telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pembentukan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK).

Perda ini menjadi payung hukum untuk membentuk dan menetapkan susunan BPK di setiap kampung.

Perda pembentukan BPK juga dinilai oleh Syahlidar, anggota DPRD Berau sebagai bentuk  perlindungan terhadap segala bentuk kebijakan pemerintah kampung.

“Karena sejak dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak kepala kampung yang jadi tersangka, karena dianggap salah mengelola dana kampung,” kata Syahlidar.

DPRD juga menilai, kebanyakan hubungan antara kepala kampung dengan BPK yang kurang harmonis.

BPK dan Kepala Kampung ini diibaratkan sebagai eksekutif dan legislatif. Kepala kampung sebagai eksekutif dan BPK sebagai legislatif yang mengawasi kebijakan kepala kampung.

Namun dalam realitasnya, keduanya kerap terkesan saling jegal dan saling melaporkan temuan dugaan-dugaan penyimpangan.

Seperti yang diungkapkan  Bupati Berau, Muharram. “Kepala kampung dan BPK memiliki pandangan masing-masing (dalam mengelola kampung), kadang BPK terlalu dominan shingga kepala kampung tidak bisa berbuat apa-apa.

Ada juga kepala kampung yang dominan dan BPKnya kehilangan kewenangan.” katanya.

Dengan Perda Pembentukan BPK ini, kata Muharram, diharapkan kepala kampung dan BPK bisa lebih kompak dalam membangun wilayahnya masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved