Berita Pemprov Kutai Barat

Bupati FX Yapan Minta Kepala Kampung Lebih Kreatif Manfaatkan Potensi untuk Sejahterakan Warga

objek wisata air Hemaq Beniung merupakan danau buatan yang berada di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok.

Bupati FX Yapan Minta Kepala Kampung Lebih Kreatif Manfaatkan Potensi untuk Sejahterakan Warga
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX Yapan meninnjau sebuah objek wisata air Hemaq Beniung untuk wisata. Hemaq Beniung merupakan danau buatan di Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok. 

SENDAWAR - Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan kembali mengingatkan kepada kepala kampung agar bisa memanfaatkan potensi daerahnya masing-masing.

Dengan demikian, pengelolaan dan pengembangan potensi kampung mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu contoh objek wisata air Hemaq Beniung merupakan danau buatan yang berada di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok.

"Hal ini yang diharapkan kepada setiap kepala kampung harus melihat peluang di daerahnya, sehingga kampung memiliki pemasukan dan memberdayakan masyarakatnya," kata Bupati FX Yapan, belum lama ini.

Setiap kampung memiliki potensi, tinggal bagaimana para kepala kampung beserta warganya yang mampu melihat dan memanfaatkan potensi tersebut. Misalnya, potensi wisata, produk khas, tradisi, usaha kerakyatan, dan potensi lainnya.

"Potensi yang ada jangan sampai disia-siakan begitu saja. Dikelola dan dikembangkan,"imbaunya.

Jika kepala kampung bisa memanfaatkan potensi tersebut, pastinya akan berdampak pada pendapatan kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk membangun kampung, kepala kampung juga harus melibatkan masyarakat. Sebab, partisipasi masyarakat dalam pembangunan kampung sangat diperlukan.

"Karena masyarakat bagian dari kekuatan desa. Dukungan masyarakat menjadi awal untuk bersama-sama membangun desa," katanya.

Menurut Bupati, kepala kampung dituntut kreatif mengembangkan potensi kampung. Dengan demikian, tidak hanya mengandalkan alokasi dana kampung (ADK).

"Jika hal itu terwujud, akan banyak bermunculan kampung-kampung mandiri, di Kubar yang tercinta ini. "Kalau ada kemauan, pasti bisa,"pungkasnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved