Luasan Lahan Tanam Jagung di Kukar Capai 3.500 Hektare, Sekarang Stok Jagung Malah Menipis

Sekarang petani tidak usah takut lagi menanam jagung karena khawatir tidak ada yang beli, bahkan kita malah kekurangan (stok) sekarang

Luasan Lahan Tanam Jagung di Kukar Capai 3.500 Hektare, Sekarang Stok Jagung Malah Menipis
Tribunkaltim.co, Rahmad Taufik
Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri acara panen perdana jagung hibrida di area eks tambang di Kecamatan Tenggarong Seberang pekan lalu_ 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno mengemukakan, luasan tanam jagung sudah mencapai 3.500 hektare (ha) di Kukar dengan hasil rata-rata 6 ton/ha.

Keseluruhan produk jagung ini sudah terdistribusi, beberapa di antaranya ditampung melalui Asosiasi Pengusaha Jagung Indonesia (APJI).

"Sekarang petani tidak usah takut lagi menanam jagung karena khawatir tidak ada yang beli, bahkan kita malah kekurangan (stok) sekarang.

Jagung kita dikirim ke Kalsel, selain memenuhi permintaan pasar di Samarinda," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, Rabu (10/7/2019).

Untuk 2019, target luas tanam jagung 1.000 ha malah sudah tercapai dan tersebar ke 18 kecamatan. Luasan area tanaman jagung 1.000 ha ini tidak dalam satu kawasan hamparan tapi terdiri spot-spot, seperti di Muara Badak dan Muara Jawa.

Pola tanam jagung juga diatur secara bertahap.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, tanam jagung ini tidak boleh langsung serentak karena ini menyangkut pemasarannya. Bahkan satu kelompok tani pun tidak bersamaan masa tanamnya karena terkendala ketersediaan alat pertanian.

Di Kecamatan Sebulu, petani juga baru menikmati hasil panen jagung di lahan seluas 40 ha kerja sama dengan perusahaan lewat program tanggung jawab sosial perusahaan.

"Jadi program revolusi jagung yang dicanangkan Pak Bupati sudah tercapai semua," tutur Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno.

Harga jagung sendiri sangat tinggi mencapai minimal Rp 4.000/kg, bahkan saat ini malah stok jagungnya yang kosong.

Halaman
123
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved