Paspor Jamaah Haji Kaltara Tengah Diproses di Jakarta, Diperkirakan Rampung Pertengahan Juli

Jamaah haji asal Kalimantan Utara dijadwalkan masuk asrama haji di Balikpapan pada tanggal 2 Agustus.

Paspor Jamaah Haji Kaltara Tengah Diproses di Jakarta, Diperkirakan Rampung Pertengahan Juli
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Suasana di dalam bus Damri yang digunakan jamaah haji asal Kabupaten Bulungan menuju Bandara Kalimarau Kabupaten Berau, tahun 2016. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Utara tengah mempersiapkan paspor calon jamaah haji Kalimantan Utara yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada pekan pertama bulan Agustus 2019 mendatang.

Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Utara Suriansyah mengatakan, pengurusan paspor calon jamaah haji tengah berproses di Jakarta.

Diperkirakan pertengahan Juli ini sudah bisa diselesaikan 100 persen.

"Setelah proses di Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, kita akan mengambilnya. Perkiraan pertengahan Juli ini. Setelah itu dibawa ke embarkasi. Selanjutnya tinggal melaksanakan operasional pengantaran di embarkasi Balikpapan," kata Suriansyah kepada Tribunkaltim.co, Rabu (9/7/2019).

Jamaah haji asal Kalimantan Utara dijadwalkan masuk asrama haji di Balikpapan pada tanggal 2 Agustus.

Pemberangkatan ke Tanah Suci dilakukan pada tanggal 2 Agustus dan 5 Agustus 2019.

"Kita dapat informasi, jamaah Bulungan itu bisa berada dua malam di embarkasi Balikpapan. Mereka lewat Berau ke Balikpapan. Kalau Tana Tidung, bisa lewat Tarakan ke Balikpapan. Kalau Nunukan itu kloter sendiri, karena kita dapat 2 kloter. Tahun lalu 1 kloter saja," sebutnya.

Kalimantan Utara awalnya hanya mendapat kuota 417 jamaah haji.

Belakangan ada kuota haji tambahan tahun 1440 hijriyah atau 2019 masehi sebanyak 359 jamaah haji, sehingga total yang akan berangkat sebanyak 776 calon jamaah haji.

"Dengan tambahan itu, kita hampir 2 kloter. Dengan jumlah 776, jadi kita bagi, karena Nunukan sekitar 200-an lebih sehingga dia bisa menjadi 1 kloter," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved