Lingkungan

Pemanfaatan Sumber Alam di Kawasan Ekoregion Kalimantan Belum Mendukung Upaya Pelestarian

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan buat acara itu bertujuan demi ciptakan Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

TRIBUNKLATIM.CO, BALIKPAPAN - Kali ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan menggelar Rapat Kerja Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Novotel Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (10/7/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Balikpapan.

Pelaksanaan acara itu bertujuan demi ciptakan Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sebab hal ini diperlukan guna memastikan pembangunan berkelanjutan dapat terlaksana dengan baik, khususnya di wilayah Kalimantan.

Hal ini disampaikan, Nunu Anugrah, S. Hut., M. Sc, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat memberikan sambutannya di Novotel Balikpapan

Pembangunan berkelanjutan akan menciptakan keselarasan antara pertumbuhan ekonomi, ekologi, dan sosial bagi kehidupan bangsa sehingga tercipta kelestarian lingkungan hidup.

Nunu Anugrah, S. Hut., M. Sc, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan, perhatian pemerintah akan kualitas lingkungan hidup semakin fokus dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Dapat diartikan sebagai suatu upaya sistematis dan terpadu guna melestarikan fungsi lingkungan hidup," ungkapnya. 

Kalimantan berkontribusi langsung dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan nasional.

Setidaknya kruang lebih 29 persen luas sumberdaya hutan Indonesia berada di pulau ini, serta kurang lebih 63,71 persen jumlah pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Alam (IUPHHK-HA) pada tahun 2017.

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved