Belum Sepekan Bertugas, Prajurit TNI di Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Barang Ilegal

Truk pun dihentikan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan oleh Danpos Letnan Dua (Letda) Inf Masrianto.

Belum Sepekan Bertugas, Prajurit TNI di Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Barang Ilegal
HO/Penerangan Korem 091/ASN
ILEGAL - Personel Satgas Pamtas RI Malaysia Yonif Raider 600/Modang berhasil menggagalkan peredaran barang ilegal berupa pakaian bekas dan karpet di wilayah perbatasan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Baru empat hari bertugas di wilayah perbatasan, personel Satgas Pamtas RI Malaysia Yonif Raider 600/Modang mengamankan truk muatan pakaian bekas dari Malaysia.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari kecurigaan personel yang bertugas di pos Salang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, terhadap kendaraan roda enam yang melintas di depan pos sekitar pukul 23.00 Wita, Rabu (10/7/2019) kemarin.

Truk pun dihentikan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan oleh Danpos Letnan Dua (Letda) Inf Masrianto.

Ternyata didapati sekitar 199 bal pakaian bekas dan karpet dengan total berat mencapai 16 ton.

Namun pengemudi tidak dapat menunjukan surat dan dokumen resmi tentang muatan truk tesebut.

Terkait hal itu, Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang, telah melaporkan kepada Komandan SSK 3 Kapten Inf Adi Setiadi Nugroho untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Pos Tembalang.

Setelah dimintai keterangan terhadap pengemudi truk, diperoleh informasi bahwa barang-barang tersebut rencananya akan dibawa menuju Kota Balikpapan.

Terpisah, Kapendam VI/Mulawarman (Mlw) Kolonel Kav Dino Martino menjelaskan, saat ini kendaraan beserta pengemudi masih diamankan di Pos Tembalang untuk nantinya segera diserahkan kepada pihak yang berwenang dari unsur Kepolisian dan Bea Cukai setempat.

"Segera akan diserahkan ke Kepolisian, serta Bea Cukai. Dari keterangan yang kami peroleh, pakaian bekas dan karpet itu rencananya akan dikirim ke Balikpapan," ucapnya melalui siaran pers Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Kamis (11/7/2019).

"Ini merupakan suatu keberhasilan yang berharga dan juga wujud tindakan nyata, bahwa keberadaan Satgas Pamtas RI Malaysia terbukti memberikan efek tangkal dari tindakan-tindakan yang merugikan negara," pungkasnya. (*)

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved