Berusia Lebih dari 15 Tahun, Istimurni Gagal Masuk SMP, Ini Langkah Disdik Bulungan Sikapi Kasus Ini

Kalau selisih sehari atau tidak terlalu jauh bisa dari internal sekolah ambil kebijakan. Tetapi bukan dalam hal ini Dinas Pendidikan memperbolehkan

Berusia Lebih dari 15 Tahun, Istimurni Gagal Masuk SMP, Ini Langkah Disdik Bulungan Sikapi Kasus Ini
Tribunkaltim.co, M Arfan
Dedy Irawan, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan menanggapi kendala yang dialami Istimurni, siswa yang tidak bisa mengenyam pendidikan tingkat SMP lantaran usianya melebini batas 15 tahun per tanggal 1 Juli 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan Jamaluddin Saleh melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Dedy Irawan menjelaskan, persoalan batas umur sudah secara tegas diatur dalam Permendikbud dan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

"Tentu itu sudah melebihi batas yang ditentukan aturan," ujar Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dedy Irawan saat disua Tribunkaltim.co, Kamis (11/7/2019) di ruang kerjanya.

Walau demikian, internal sekolah bisa mengambil kebijakan dengan mempertimbangkan kondisi psikis siswa yang gagal diterima tersebut.

"Kalau selisih sehari atau tidak terlalu jauh bisa dari internal sekolah ambil kebijakan. Tetapi bukan dalam hal ini Dinas Pendidikan memperbolehkan. Maksud kami sekolahlah yang berinisiatif membantu," ujar Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dedy Irawan.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dedy Irawan mencontohkan, kasus yang sama juga melanda 11 calon peserta didik di Kecamatan Sekatak.

Namun, pihak sekolah aktif melakukan pendampingan agar calon peserta didik bisa masuk, alias tidak gagal melanjutkan pendidikan.

"Seharusnya kepala sekolah di sana juga demikian," ujar Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dedy Irawan.

Baca Juga;

Pemindahan Ibu Kota Negara, Helikopter Mabes Polri Survei dari Udara Wilayah Kaltim

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved