Hibahkan Rp 13 Miliar Tiap Tahun, Pemkab Kutim Berencana Lepas STIPER dan STAIS

Tahun ini, Pemkab Kutim akan melakukan kajian ilmiah terkait pengelolaan kedua sekolah tinggi tersebut, jika tak lagi menggunakan APBD Kutim.

Hibahkan Rp 13 Miliar Tiap Tahun, Pemkab Kutim Berencana Lepas STIPER dan STAIS
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Sekda Kutim Irawansyah 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur berencana  meniadakan pembiayaan dari APBD  untuk  Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Kutai Timur dan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Sangatta (STAIS). Saat ini rencana tersebut sedang dalam persiapan kajian ilmiah.

Hal ini diungkapkan Sekda Kutim Irawansyah, Kamis (11/7).

“Tahun ini, Pemkab Kutim akan melakukan kajian ilmiah terkait pengelolaan kedua sekolah tinggi tersebut, jika tak lagi menggunakan APBD Kutim.

Kajian ini sesuai dengan arahan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang melakukan pemeriksaan dan pendampingan pengelolaan keuangan Pemkab Kutim,” kata Irawansyah.

Seperti diketahui, sejak tahun 2001, Pemkab Kutim berkomitmen memberikan  pendidikan gratis bagi masyarakat, sejak bangku Sekolah Dasar (SD), hingga perguruan tinggi.

Perguruan tinggi dimaksud adalah STIPER dan STAIS yang berdiri belakangan. Untuk itu, Pemkab Kutim memberi dana hibah pada kedua perguruan tinggi tersebut Rp 13 miliar. Terdiri dari Rp 8 miliar untuk STIPER dan Rp 5 miliar untuk STAIS.

Pemberian dana hibah tersebut berlangsung hingga saat ini. Untuk keperluan operasional dosen dan staf, hingga perkuliahan mahasiswa.

Sehingga perlu kajian ilmiah, bagaimana agar operasional kampus tetap berjalan tanpa menggunakan dana APBD Kutim.

“Nantinya, hasil kajian akan kita serahkan pada Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), untuk menjadi petunjuk pengelolaan perguruan tinggi milik Pemkab Kutim tersebut,” ujar Irawansyah.

Ia berharap kajian segera selesai dan kedua perguruan tinggi tersebut bisa mandiri dalam mengelola dan membiayai segala kebutuhan mereka, seperti perguruan tinggi lainnya.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved