Pastikan Keamanan Wilayah Ibu Kota Negara, Zairin : 5 Hari Bappenas Akan Cek Lokasinya di Kaltim

Bappenas menyampaikan surat, perihal permohonan fasilitas perizinan survei calon lokasi ibukota negara di Kaltim.

Pastikan Keamanan Wilayah Ibu Kota Negara, Zairin : 5 Hari Bappenas Akan Cek Lokasinya di Kaltim
TRIBUN KALTIM / M PURNOMO SUSANTO
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Zairin Zain. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA -Bappenas  menyampaikan surat, perihal permohonan fasilitas perizinan survei calon lokasi ibukota negara di Kaltim. Surat, ditujukan langsung kepada Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim.

Plt Sekprov Kaltim Sabani meminta, agar dapat menanyakan langsung kepada Bappeda Kaltim. Pasalnya, dalam survey tersebut nantinya akan melibatkan Bappeda Kaltim dan masuk dalam tim survey. Namun demikian, Sabani mengakui, telah menerima surat permohonan tersebut.

“Silahkan langsung konfirmasi kepada Bappeda Kaltim karena mereka lebih tahu. Sebab, mereka nantinya masuk dalam tim yang berangkat ikut dalam rombongan Bappenas saat pengecekan lokasi,” ujarnya saat ditemui , pada Kamis (11/7/2019).

Dihubungi terpisah, Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain membenarkan, bahwa pihaknya telah ditunjuk untuk mendampingi Bappenas oleh Setprov Kaltim.

Zairin menyampaikan, maksud dan tujuan utama tim Bappenas RI datang ke Kaltim selain sesuai permohonan, juga bertujuan untuk memastikan keamanan ibu kota negara yang nantinya berada di sekitaran lokasi yang rawan kebakaran.

“Kan di lokasi yang disiapkan untuk ibu kota negara di Kaltim ini di daerah Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto.

Nah, kita ketahui bahwa di sekitaran Tahura ada beberapa konsesi perusahaan tambang batu bara. Kedatangan mereka sekaligus akan mengecek keberadaan perusahaan tambang batu bara tersebut,” ujarnya.

“Maksud pengecekan itu. Pertama, untuk melihat luasan konsesi yang masuk dalam wilayah rencana pemindahan ibu kota negara.

Kemudian, juga melihat potensi kebakaran hutan di lokasi tersebut. Jadi, pengecekan itu lebih kepada untuk melihat dari sisi keamanan ibu kota negara kalau nantinya pindah ke Kaltim,” lanjutnya. (*)

Subscribe Official YouTube Channel:

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved