Ada 4 Catatan Penting KARS Harus Dipenuhi, Wagub : Saya Harapkan RSJ AHM Samarinda Jadi Rujukan

Sedikitnya ada 4 catatan penting Tim Survey KARS yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit Jiwa (TSJ) Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda.

Ada 4 Catatan Penting KARS Harus Dipenuhi, Wagub : Saya Harapkan RSJ AHM Samarinda Jadi Rujukan
TribunKaltim.Co/purnomo susanto
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi 

 TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sedikitnya ada 4 catatan penting Tim Survey Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit Jiwa (TSJ) Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda.

Meski memiliki beberapa catatan dari KARS, Hadi memiliki harapan, tekad dan semangat bahwa RSJ AHM Samarinda dapat menjadi rujukan dan percontohan untuk wilayah Indonesia Timur.

“Kalau mau bersaing dengan RSJ dari wilayah Jawa dan Sumatra, mungkin kita masih belum bisa. Tapi, kalau bersaing dengan RSJ di wilayah Indonesia Timur kita masih bisa lah.

Untuk itu,  kami mengharapkan RSJ ini kedepannya bisa menjadi rujukan untuk wilayah Indonesia bagian timur,” harapnya.

“Bisa kita lihat perubahannya dari tahun ketahuan. RSJ ini sudah tampak sangat baik, bahkan, stigma negatif untuk RSJ itu tidak tampak di RSJ ini.

Biasanya kan, kalau seseorang mau mengakses RSJ itu ada rasa malu atau rasa apa gitu. Tapi, di RSJ ini sudah banyak saya lihat orang mengaksesnya. Ini menandakan, rumah sakit ini sudah berhasil merubah pola pikir masyarakat,” lanjutnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, kedatangan Tim Survey KARS beberapa waktu lalu membawa beberapa catatan dan rekomendasi untuk RSJ AHM Samarinda.

Ada 4 catatan penting disampaikan oleh 6 surveyor KARS. Pertama, KARS merekomendasikan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan kompetensinya masing-masing, yakni mulai dari dokter, perawat, tenaga administrasi dan managemen.

Kemudian, KARS juga merekomendasikan segera dipenuhinya fasilitas kemanan dan keselamatan di RSJ AHM Samarinda. Terutama, soal pemenuhan hydran kebakaran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang sampai saat ini belum ada dan belum lengkap.

Lalu, peningkatan mutu pelayanan juga menjadi perhatian Tim Survey KARS. Meskipun dinilai cukup baik, KARS merekomendasikan untuk RSJ AHM Samarinda terus meningkatkan pelayanan.

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved