Ingat, Mobil Harus Dibawa ke Bengkel Secara Berkala Untuk Diservis

Untuk menjaga perawatan kendaraan khususnya mobil maka harus dilakukan servis secara berkala atau rutin sesuai dengan jangka waktu yang diberikan.

Ingat, Mobil Harus Dibawa ke Bengkel Secara Berkala  Untuk Diservis
Tribun Kaltim/Nalendro Priambodo
Montir di bengkel GTS, kawasan Gunung Sari, Balikapapan memasang Hurricane XCS7 yang disambungkan ke aki mobil. Mobil harus dilakukan perawatan secara berkala 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA-Untuk menjaga perawatan kendaraan khususnya mobil maka harus dilakukan servis secara berkala atau rutin sesuai dengan jangka waktu yang diberikan.

Biasanya, mobil dilakukan perawatan secara berjalan enam bulan sekali atau kelipatan 10 ribu kilometer.

Tapi biasanya, sebelum perawatan berkala dilakukan kendaraan mobil sudah mengalami kerusakan atau gangguan. Penyebabnya kemungkinan karena mobil tersebut rutin atau sering kali digunakan.

Sehingga saat digunakan tiba-tiba mobil tersebut mogok atau mengalami masalah  yang tak diinginkan. 

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, sebelum mobil tersebut bermalahan maka akan akan menunjukkan tanda-tanda, baik secara bentuk fisik,

suara, perubahan kekuatan mesin. Bahkan sampai menyala suatu indikator tak biasa di layar Multi Information Display (MID).

Namun yang paling umum sering dirasakan adalah  rasa berkemudi yang berubah. Misalnya, akselerasi yang menjadi lebih berat atau rem kurang pakem.

"Bila sudah merasa seperti itu, jangan anggap sepele, langsung bawa ke diler," kata Didi, Kamis (11/7/2019). Selanjutnya terdengar suara decit di dalam kabin mobil.

Hal ini sangat umum terjadi dan sumber masalahnya macam-macam. Bisa karena masalah suspensi, bahan bakar, sampai oli.

"Lalu, ketika mobil diparkir perhatikan apakah ada cairan yang keluar di lantainya atai tidak.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved