Ibadah Haji 2019

Setelah Menabung 46 Tahun, Akhirnya Kakek Penjual Gorengan Ini Berangkat Haji Tahun Ini

Menabung 46 tahun, dari berjualan gorengan di Pasar Tradisional Wameo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, akhirnya Sanusi berangkat haji di tahun 2019.

Setelah Menabung 46 Tahun, Akhirnya Kakek Penjual Gorengan Ini Berangkat Haji Tahun Ini
Kompas.com/DEFRIATNO NEKE
Selama 46 tahun menabung mulai dari uang Rp 2 hingga Rp 5, seorang kakek, Muhamad Sanusi (78), penjual kue dan gorengan di Pasar Tradisional Wameo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, akhirnya dapat berangkat naik haji di tahun 2019 ini. 

TRIBUNKALTIM.COMenunaikan ibadah haji adalah keinginan umat Muslim.

Bagi mereka yang belum mampu, maka masyarakat akan menabung supaya biaya ibadah haji dapat dibayarkan.

Ini pula yang dilakukan Muhamad Sanusi (78), seorang kakek penjual gorengan yang menabung selama 46 tahun agar bisa berangkat haji.

Muhamad Sanusi berjualan gorengan di Pasar Tradisional Wameo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, akhirnya berangkat haji di tahun 2019. 

Seperti dikutip dari kompas.com. Sanusi sangat gembira karena penantiannya yang panjang dan penuh kesabaran akhirnya terwujud.

“Saya gembira karena dengan penghasilan sedikit-sedikit, tapi saya bisa naik haji sama seperti yang lain,” kata Sanusi, saat ditemui di rumahnya, di Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (12/7/2019).  

Sanusi bercerita, niat untuk berangkat haji muncul ketika pertama kali ia jualan kue dan gorengan kecil-kecilan di Pasar Tradisional Wameo tahun 1973. 

Saat itu harga kue yang ia jual sekitar Rp 20 per potong. Ia mulai menabung sedikit demi sedikit mulai dari Rp 2, Rp 5 atau Rp 10, di dalam celengan yang terbuat tanah liat.

“Setiap hari saya kumpul Rp 2 per hari, dari dulu saya sudah niatkan. Saya menyimpan uang dalam celengan bosu (celengan dari tanah liat),” ujarnya.  

Jika uang yang dikumpulkan sudah mencapai Rp 20.000, Sanusi kemudian menabung uangnya di bank. 

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved