Stok Sapi Kurban Capai 900 Ekor dan Kambing 916 Ekor di Tenggarong,

Stok sapi kurban tahun ini di Tenggarong, Kukar mencapai sekitar 900 ekor untuk wilayah Tenggarong, sedangkan stok kambing 916 ekor.

Stok Sapi Kurban Capai 900 Ekor dan Kambing 916 Ekor  di Tenggarong,
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufik
Stok sapi kurban mencapai 900 ekor di Tenggarong. Kebutuhan sapi kurban selalu cukup, bahkan cenderung lebih_ 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG – Stok sapi kurban tahun ini mencapai sekitar 900 ekor untuk wilayah Tenggarong,  sedangkan stok kambing 916 ekor.

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar memastikan stok hewan kurban di Tenggarong tercukupi hingga jelang Idul Adha nanti

"Seperti tahun sebelumnya, rata-rata stok sapi di Tenggarong sekitar 900 ekor, kebutuhannya tidak pernah kurang malah lebih," kata I Putu Suartika, Sekretaris Distanak Kukar, Jumat (12/7/2019).

Kendati demikian, hingga hari ini belum tampak satupun pedagang sapi kurban yang mulai berjualan di sekitar Tenggarong.

"Biasanya titik kumpul pedagang hewan kurban di Jalan Pesut dan Bukit Biru. Nantinya petugas kami akan memeriksa rutin kesehatan hewan kurban ini supaya saat disembelih tetap sehat dan aman dikonsumsi," ujarnya.

Disinggung soal swasembada daging, Putu mengaku perjalanan masih panjang dan belum tercapai untuk Kukar.

Ia mengatakan, kebutuhan sapi masih disuplai dari luar. Putu menambahkan, kebutuhan sapi di Kaltim besar sekali, yakni 55 ribu ekor/tahun, sedangkan ketersediaan sapi se-Kaltim baru 130 ribu ekor.

"Kalau semua dipotong nggak sampai 2 tahun sudah habis, sedangkan kebutuhan sapi di Kukar melihat tren pemotongan rata-rata 6 ekor sehari,

kalau dari sisi populasi kita sudah cukup, cuma kita masih ngerem supaya jangan dipotong dulu karena kita masih nambah terus sapi kita, apalagi kalau induknya yang dipotong, bisa habis," tuturnya.

Budidaya sapi ini bisa dijumpai di wilayah pesisir Samboja, Muara Kaman, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu, malah beberapa memanfaatkan lahan eks tambang.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved