Ibu Kota Baru

Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur? Sofyan Aji Effendi: Kandungan Air Bukit Soeharto Bagus

Dari sisi geografis, Kalimantan Timur dinilia cocok untuk dijadikan calon Ibu Kota Baru. Bukit Soeharto masuk dalam radar Presiden Joko Widodo.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Isu pemindahan ibu kota Indonesia mulai ramai diperbincangkan oleh masyarakat di tempat lokasi calon pemindahan ibu kota Indonesia.

Yakni satu di antaranya masyarakat di Kalimantan Timur, mulai muncul diskusi-diskusi yang bertemakan Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Belum lama ini Presiden Joko Widodo termasuk Bappenas sudah memberikan lampu hijau jika pemilihan Ibu Kota Baru berada di luar Pulau Jawa.

Dan sebagai langkah awal, Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Bappenas mengunjungi ke lokasi calon Ibu Kota Baru Indonesia di Pulau Kalimantan.

Daerah yang dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo ini ada dua daerah yakni Kalimantan Timur dan tetangganya, Kalimantan Tengah.

Saat menginjak daratan Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo sambangi lokasi daratan Tahura Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, dekat Kota Balikpapan.

Kunjungan itu, menurut Bappenas sebagai tinjauan lapangan ke Bukit Soeharto sebagai lokasi calon Ibu Kota Baru Indonesia, nantinya.

Hal ini menandakan, bahwa Bukit Soeharto masuk dalam radar Presiden Joko Widodo, telah dimasukan dalam daftar Bappenas sebagai kajian lokasi calon Ibu Kota Baru.

Dari sisi geografis, Kalimantan Timur dinilai cocok untuk dijadikan calon Ibu Kota Baru.  

Tapi di sisi lain, yang sebutkan lokasi di Tahura Bukit Soeharto, Kalimantan Timur ada kekurangan. 

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved