Jokowi Mencari Menteri Muda dan Milenial, Sebut Komposisi Parpol dan Profesional 40- 60

Presiden Joko Widodo menegaskan bakal ada anak-anak muda milenial yang bakal bergabung dalam kabinet kedua periode 2019-2024.

Jokowi Mencari Menteri Muda dan Milenial, Sebut Komposisi Parpol dan Profesional 40- 60
Tribunnews.com/Seno
Presiden Jokowi saat menggelar rapat kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan bakal ada anak-anak muda milenial yang bakal bergabung dalam kabinet kedua periode 2019-2024.

Namun Jokowi belum mau membocorkan siapa saja yang dimaksud menteri-menteri dari kalangan milenial. Dia malah meminta rakyat bersabar menunggu susunan kabinet diumumkan.

"Ya nanti dilihat, nanti kalau keluar dilihat," kata Jokowi, Jumat (12/7) di Jakarta Convention Center. Bicara soal menteri muda, Jokowi mengaku sudah meminta partai politik pendukungnya untuk menyiapkan kader muda untuk menjadi menteri.

"Saya minta dari partai juga (kader) yang muda. Ada juga dari profesional," ujarnya.

Ilustasi sidang kabinet paripurna. Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet paripurna pasca perombakan Kabinet Kerja Jilid II di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Presiden Jokowi menegur 4 menterinya dalam sidang kabinet paripurna hari ini.
Ilustasi sidang kabinet paripurna. Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet paripurna pasca perombakan Kabinet Kerja Jilid II di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Presiden Jokowi menegur 4 menterinya dalam sidang kabinet paripurna hari ini. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Jokowi menambahkan jika partai tidak bisa menyediakan kader muda terbaik, maka dirinya bakal merekrut sendiri dari profesional. Dia meyakini banyak kalangan profesional muda yang mumpuni bisa duduk di kabinet.

"Kalau enggak ada dari partai, kami cari sendiri. Profesional muda kan banyak banget sekarang," terang Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut akan secepatnya mengumumkan kabinet barunya itu ke publik. "Sudah (menyusun kabinet), secepatnya (diumumkan)," kata Jokowi.

Bicara soal komposisi menteri, Jokowi mengatakan komposisi kabinet berasal dari kalangan partai dan profesional dengan pembagian 40-60 atau 50-50. "Kira-kira 40-60 atau 50-50, nanti dilihat saja," ujarnya. (*)

Selengkapnya Baca Koran Tribun Kaltim Edisi Sabtu (13/7)

Subscribe Official YouTube Channel:



Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved