Sumap Labu Jadi Kuliner Andalan Dusun Bensamar, Harganya Hanya Rp 30 Ribu

Kampong Kutai Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, memiliki kuliner yang diwarisi secara turun-temurun, yakni sumap labu.

Sumap Labu Jadi Kuliner Andalan Dusun Bensamar, Harganya Hanya Rp 30 Ribu
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Kadis Pariwisata Kukar Sri Wahyuni menyicipi sumap labu, masakan khas Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong di salah satu stan Tenggarong Fair di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Sabtu (13/7) 

TRIBUNKALTIM, CO, TENGGARONG - Makan kolak labu sudah biasa bagi masyarakat, tapi makan kolak labu dari buah labunya langsung tentu belum banyak yang mencobanya.

Kampong Kutai Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, memiliki kuliner yang diwarisi secara turun-temurun, yakni sumap labu.

"Itu dari bahasa Kutai yang artinya labu kukus," kata Mariyani dan Letisia, warga Dusun Bensamar yang jago membuat sumap labu ditemui di salah satu stan Tenggarong Fair di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Sabtu (13/7/2019).

Labu ini dikukus selama 40 menit dalam api besar. Seperti bahan membuat kolak pada umumnya, Mariyani membutuhkan santan dan gula.

"Tapi di sini kami menggunakan gula aren. Kebetulan mamak saya pembuat gula aren di Bensamar," tuturnya. Lalu sebagian isi labu dikerok, setelah dilubangi pada bagian atasnya.
Kuah kolak yang sudah dicampur gula aren dimasukkan dalam buah labu. Penutup atas buah labu diganjal dengan daun pisang agar penutupnya tidak jatuh ke dalam.

Ia mengatakan, biasanya sumap labu disajikan pada saat acara adat, ulang tahun atau selamatan. Ia sendiri juga menerima pesanan sumap labu.

"Biasanya harga sumap labu dalam ukuran labu kecil ini Rp 30 ribu," tuturnya. Sajian unik khas Bensamar ini dipamerkan bersama produk lainnya.

Bahkan Sekda Kukar Sunggono dan Kepala Dinas Pariwisata Kukar ikut singgah ke stan Dusun Bensamar dan menyicipi menu sumap labu ini.

"Cara penyajiannya unik, jadi kuliner model baru. Dan saya tadi cicipi langsung rasanya nikmat, enak juga dimakan ramai-ramai," ujar Sunggono usai menyicipi sumap labu.

Kadis Pariwisata Kukar Sri Wahyuni mengapresiasi kreativitas warga Kampung Bensamar. "Enam kolak labunya dan segar karena langsung dimakan dari labunya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved