Pemkot Bontang Bakal Periksa 21 Pabrik yang Memproduksi Tahu Menggunakan Air Sungai

“Jumlahnya ada 21 pabrik di Bontang, kami juga jadwalkan bakal turun ke lapangan Selasa nanti,” ujar Kabid Industri Diskopdag Bontang Aji Said

Pemkot Bontang Bakal Periksa 21 Pabrik yang Memproduksi Tahu Menggunakan Air Sungai
DOK TRIBUNKALTIM
Kabid Industri Diskopdag-UMKM bersama tim kesehatan lingkungan dari Dinkes Bontang menyambangi pabrik olahan kedelai menggunakan air sungai di Kelurahan Telihan 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Temuan pabrik olahan kedelai di Kota Bontang gunakan air sungai sebagai bahan baku ditindaklanjuti pemerintah.

Pemkot Bontang telah membentuk tim untuk menindak temuan ini di lapangan. Tim yang terdiri dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM (Diskopdag-UMKM), Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Penanaman Modal-PTSP dijadwalkan turun ke lapangan, Selasa (16/7/2019).

Kabid Industri Diskopdag Bontang Aji Said menuturkan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi lintas OPD baru-baru ini.

Rapat yang dihadiri dari instansi terkait memutuskan bakal turun ke lapangan untuk meninjau lokasi pabrik.

Diskopdag telah mensurvei lokasi, ada 21 pabrik tahu dan tempe yang berdiri di Kota Bontang. Belum ada produsen tahu tempe mengantongi izin operasional mereka.

“Jumlahnya ada 21 pabrik di Bontang, kami juga jadwalkan bakal turun ke lapangan Selasa nanti,” ujar Kabid Industri Diskopdag Bontang Aji Said kepada tribunkaltim.co, Minggu (14/7/2019).

Masing-masing dinas bakal melakukan pemantauan dan pemeriksaan di lapangan. Dinas Kesehatan misalnya, bakal mengecek higienis dan kualitas produk.

Sementara DLH, bakal memeriksa kelayakan bahan baku air sungai dan dampak lingkungan dari operasi pabrik.

Sementara itu, Dinas perizinan bakal memeriksa kelengkapan perizinan mereka. Pihaknya juga bakal mensosialisasikan kepada pemilik usaha terkait izin.

“Sedangkan kami sendiri (Diskopdag-UMKM) menjadi pembina dari pelaku usaha UMKM termasuk pabrik olahan tahu tempe,” ujar Kabid Industri Diskopdag Bontang Aji Said.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved