Pemprov Kaltara Targetkan Emisi Gas Rumah Kaca Turun 11,79 Persen

Apalagi di mata dunia, Kalimantan Utara sudah berkomitmen ikut menjaga iklim dan hutan.

Pemprov Kaltara Targetkan Emisi Gas Rumah Kaca Turun 11,79 Persen
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyadap karet di salah satu lokasi perkebunan di Bulungan beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pemprov Kalimantan Utara menargetkan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 11,79 persen dari angka business as usual (BAU) emisi gas rumah kaca pada tahun 2030.

Untuk memenuhi target tersebut, Pemprov Kalimantan Utara menyiapkan rencana aksi daerah.

Rencana aksi daerah atau (RAD) kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie akan menjadi pedoman perangkat daerah, masyarakat, dan pelaku usaha dalam melaksanakan perencanaan dan evaluasi serta monitoring upaya penurunan emisi gas rumah kaca untuk disesuaikan ke dalam rencana pembangunan daerah.

Irianto Lambrie mengemukakan, instrumen penyusunan rencana aksi kita meliputi beberapa bidang seperti penggunaan lahan, kehutanan dan lahan gambut, pertanian dan peternakan, energi dan transportasi, juga pengelolaan limbah.

"Nanti instrumen-instrumen itu akan diidentifikasi mana yang berpotensi sebagai sumber dan serapan emisi gas rumah kaca," ujarnya, Minggu (14/7/2019).

Dalam menyusun dan menjalankan rencana aksi daerah perihal penurunan emisi gas rumah kaca, Pemprov membuka partisipasi masyarakat baik dalam bentuk konsultasi publik, penyampaian aspirasi, rapat dengar pendapat umum, kunjungan kerja, sosialisasi, mauoun diskusi.

Ia menegaskan, di tengah gencarnya pembangunan di Kalimantan Utara, pemprov tidak akan memandang sebelah mata aspek lingkungan utamanya emisi gas rumah kaca.

Apalagi di mata dunia, Kalimantan Utara sudah berkomitmen ikut menjaga iklim dan hutan.

"Kita sudah andil di tingkat dunia. Ada beberapa kesepakatan yang kita capai di forum Governor's Climate and Forest/CGF Task Force atau Satuan Tugas Gubernur untun Iklim dan Hutan," ujarnya.

Kontribusi nyata lainnya adalah adanya Taman Nasional Hutan Kayan Mentarang seluas 1,3 juta hektare.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved