PLBN Sei Pancang dan Long Midang Akan Dibangun Agustus 2019

Kehadiran PLBN diyakini Samuel akan menekan aktivitas-aktivitas ilegal seperti penyelundupan barang dan penyelundupan narkotika

PLBN Sei Pancang dan Long Midang Akan Dibangun Agustus 2019
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Pertigaan Sei Ular (Nunukan), Seimanggaris (Nunukan), dan Sabah (Malaysia) diabadikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Utara rencananya akan mulai dibangun Agustus bulan depan.

Kepala Biro Pengelola Perbatasan Setprov Kalimantan Utara Samuel ST Padan menjelaskan, sedianya PLBN tersebut dibangun awal tahun 2019, namun terkendala waktu proses pelelangan.

Sehingga pemerintah (pusat) harus menunggu sampai munculnya pemenang tender pelaksanaan proyek strategis wilayah perbatasan tersebut.

"Di awal tahun kemarin, juga ada beberapa revisi desain fisik PLBN, sehingga harus menyesuaikan spesifikasi pelelangan juga, dan lelang harus diulang," kata Samuel melalui keterangan resinya yang diterima Tribunkaltim.co, Minggu (14/7/2019).

Ia mengatakan, rencana dimulainya pembangunan fisik dua PLBN yakni PLBN Sei Nyamuk (Sebati, Nunukan) dan PLBN Long Midang (Krayan, Nunukan) pada bulan Agustus depan, berdasarkan informasi resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Masing-masing PLBN diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp222,9 miliar.

Mengingat adanya perubahan desain, Samuel belum mengetahui pasti kemungkinan adanya kenaikan atau pengurangan anggaran pembangunannya.

"Yang jelas, PLBN itu dibangun oleh Kementerian PUPR. Anggarannya pun memakai APBN. KIta di daerah hanya mendorong dan memfasilitasi terealisasinya PLBN ini karena sudah menjadi program prioritas pusat," ujarnya.

Samuel menjelaskan, untuk PLBN Long Midang sudah siap lahan seluas 17,23 hektare.

Sedang PLBN Sei Nyamuk bakal dilaksanakan pembebasan lahan seluas 1,9 hektare karena berada di permukiman penduduk.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved