Otomotif

Uji Emisi Bakal jadi Syarat dalam Perpanjangan STNK Pemilik Motor Mobil, Tahun Ini Diterapkan

Pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil untuk lakukan perpanjangan STNK jika tidak ada perpanjangan STNK siap saja akan ditilang oleh Kepolisian.

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Setiap pemilik kendaraan bermotor baik itu sepeda motor dan mobil yang gunakan jalur lalu lintas seringkali lakukan perpanjangan STNK tiap kendaraan tanpa kecuali. Andai atas waktu sudah selesai maka wajib ada perpanjangan STNK jika ingin tenang di dalam berlalu lintas. 

Penting bagi pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil untuk lakukan perpanjangan STNK jika tidak ada perpanjangan STNK siap saja akan ditilang oleh Kepolisian jika ada razia lalu lintas.

Sebagian besar orang, sudah lumrah mengurus perpanjangan STNK. Seringkali orang rela antre untuk lakukan perpanjangan STNK. Demi ketenangan dalam lalu lintas, berkendara sepeda motor dan mobil. Tapi kini kabarnya, ada yang baru soal prosedur perpanjangan STNK

Dalam upaya mengurasi tingkat polusi udara di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau yang biasa disingkat KLHK, menyatakan akan mewajibkan kendaraan untuk dilakukan Uji Emisi saat perpanjangan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Bila tidak lolos Uji Emisi tersebut, pengguna tidak bisa membayar pajak kendaraannya.

Rencananya, sebagaimana dikatakan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran Udara.

Asap knalpot kendaraan sangat besar. menyebabkan kualitas udara semakin memburuk. Kondisi ini mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat.
Asap knalpot kendaraan sangat besar. menyebabkan kualitas udara semakin memburuk. Kondisi ini mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat. (Wartakota.com)

Ini dari lembaga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK, Dasrul Chaniago kepada Kompas.com, kebijakan tersebut akan dimulai tahun ini.

"Saat ini masih dalam bentuk draft, namun saya rasa akan selesai pada tahun ini sehingga bisa diterapkan langsung," katanya di helatan Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Ilustrasi knalpot
Ilustrasi knalpot (Tribunnews)

Kebijakan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Caranya lewat perpanjangan STNK, tiap kendaraan baik mobil dan motor, satu terobosan untuk solusi ciptakan udara yang bersih, melalui Uji Emisi

Pada pasal 19 disebutkan bahwa Uji Emisi merupakan salah satu kewajiban dari persyaratan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved