Demi Penuhi Tenaga Medis RS Tanjung Selor, Dinkes Kaltara Harap Ada Seleksi CPNS

ada pembukaan kran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) bidang kesehatan, dengan kuota yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

Demi Penuhi Tenaga Medis  RS Tanjung Selor, Dinkes Kaltara Harap Ada Seleksi CPNS
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Maket RS Tipe B Tanjung Selor yang akan dibangun Pemprov Kaltara dipajang di gedung gabungan dinas Pemprov, Rabu (14/11/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Selain mengupayakan pemenuhan alat kesehatan (Alkes) bagi Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor,

Dinas Kesehatan Kalimantan Utara juga mencari strategi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di rumah sakit yang baru akan dibangun itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara, Usman, mengatakan, instansinya tengah melakukan telaah jumlah kebutuhan awal rumah sakit tersebut.

"Kemungkinan awal kita butuh sekitar 500an, tapi kami  akan hitung detilnya. Yang jelas perbandingannya, tentu sama dengan jumlah tenaga kesehatan di RS Tipe B lainnya," kata Usman kepada Tribunkaltim.co, Senin (15/7/2019) di Kantor Gubernur Kaltara.

Dengan kebutuhan tenaga kesehatan yang lumayan cukup itu, Usman berharap ada pembukaan kran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) bidang kesehatan, dengan kuota yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

Strategi lainnya yang bisa dilakukan ialah manarik tenaga-tenaga kesehatan tertentu dari kabupaten/kota di Kalimantan Utara. Namun dampaknya, kekosongan tenaga kesehatan di daerah bakal terjadi lagi.

"Jadi cocok kalau ada pengadaan atau seleksi. Bisa juga dengan mendatangkan tenaga kesehatan khusus dari rumah sakit lain di tanah air, khususnya untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis nanti," ujarnya.

Mendatangkan dokter spesialis dan tenaga kesehatan yang sudah memiliki banyak pengalaman tentu harus membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Untuk menarik mereka, kita bisa naikkan insentifnya. Kita buat tertarik supaya mau mengabdi di Kalimantan Utara.

Tentu kita juga akan memikirkan standarisasi intensif per daerah. Pada intinya kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya. (*)

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved