Harga Cabai di Pasar Balikpapan Tembus Rp 70.000 per Kg, Pegadang Sebut Pasokan Kurang

Harga jual cabai di sejumlah pasar tradisional, Kota Balikpapan mengalami kenaikan cukup signifikan dari harga sebelumnya.

Harga Cabai di Pasar Balikpapan Tembus Rp 70.000 per Kg, Pegadang Sebut Pasokan Kurang
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Pedagang cabai di Pasar Pandansari Kota Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Harga jual cabai di sejumlah pasar tradisional, Kota Balikpapan mengalami kenaikan cukup signifikan dari harga sebelumnya.

Pantuan Tribun di Pasar Klandasan, Balikpapan Kota, Minggu (14/7), harga cabai naik dari Rp 35.000 per kilogram menjadi Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per kg.

Bahkan, cabai ijo harganya tembus mencapai Rp 70.000 per kilogram naik dari harga sebelumnya Rp 40.000.

Sejumlah pedagang di Pasar Klandasan menyebutkan naiknya harga cabai dipicu minimnya ketersediaan cabai. Hj Coma, pedagang cabai di Pasar Klandasan mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi sejak 2 hari lalu.

Pedagang cabai dan ayam potong di pusat perbelanjaan tradisional Pasar Segiri Samarinda, Kamis (11/7/2019).
Pedagang cabai dan ayam potong di pusat perbelanjaan tradisional Pasar Segiri Samarinda, Kamis (11/7/2019). (TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO WICAKSONO PUTRO.)

"Ya harganya naik lagi sejak dau hari yang lalu," katanya. Cabai merah dijual Rp 50.000 sampai Rp 60.000 tergantung kualiat cabai. Sedangkan cabai ijo paling mahal, mencapai Rp 70.000 per kilo karena modalnya saja kita ambil Rp 40.000.

Anisa, pedagang lainnya, menuturkan, kenaikan harga cabai karena pasokan cabai sekarang mulai langka. "Naiknya sejak Jumat lalu, itu karena stok cabai sudah mulai berkurang," katanya

Dampaknya, pembeli jadi mulai berkurang, karena mahalnya harga cabai. Warga pun mengaku tidak sanggup membeli kiloan, karena mahalnya harga cabai.

Mereka terpaksa membeli bungkusan dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per bungkus. "Mahal mas, nggak bisa kita beli kiloan. Kita beli bungkusan saja kan ada bungkusan yang Rp 5000-an," kata Farida, salah seorang pembeli.

Beberapa penjual makanan juga harus berpikir ulang untuk membeli cabai berlebih kepada pelanggannya. Kebanyakan penjual makanan masak atau sejenis warteg masih tergantung pada cabai.

Salah satu penjual nasi kuning di kawasan Indrakila mengatakan, sejak kemarin membeli cabai dengan harga Rp 20.000 setengah kilogram. Jika dihitung kiloan harganya bisa Rp 40.000

Cabai hijau yang dijual pedagang Pasar Klandasan Balikpapan, kini harga cabai hijau tembus Rp 70.000/Kilogram
Cabai hijau yang dijual pedagang Pasar Klandasan Balikpapan, kini harga cabai hijau tembus Rp 70.000/Kilogram (Tribunkaltim.co, Zainul)
Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved