Traveling

Istri Wapres Jusuf Kalla Borong Sarung Kain Tenun Khas Samarinda, Pesawatnya Penuh Oleh-oleh Sarung

Nah, sarung Kain tenun khas Samarinda yang diolah oleh para penenun berdarah Sulawesi langsung mendapat perhatian istri Wapres Jusuf Kalla.

Istri Wapres Jusuf Kalla Borong Sarung Kain Tenun Khas Samarinda, Pesawatnya Penuh Oleh-oleh Sarung
Tribunkaltim.co/Purnomo Susanto
Ketua Dekranas, Mufidah Kalla atau istri Wapres Jusuf Kalla saat mengunjungi salah satu stand di lokasi acara Dekranas di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, pada Senin (15/7/2019) pukul 11.30 Wita. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Istri Wapres Jusuf Kalla datang ke Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Saat berada di Samarinda, istri Wapres Jusuf Kalla ini borong sarung tenun Samarinda

Nah, sarung Kain tenun khas Samarinda yang diolah oleh para penenun berdarah Sulawesi langsung mendapat perhatian dari istri orang nomor dua di negri ini, Mufidah Kalla yang juga berasal dari Pulau Sulawei.

Tak ayal, ketertarikannya oleh sarung tenun Samarinda membawanya untuk memborong sarung kebanggaan masyarakat Kota Samarinda ini.

“Sudah saya borong sarung Samarinda-nya,” ujar Mufidah menjawab pertanyaan Tribunkaltim.co soal tanggapannya tentang hasil karya para perajin Kalimantan Timur usai menghadiri acara Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Senin (15/7/2019) pukul 11.00 Wita di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jalan Pangeran Dipenogoro.

Tirah Satriani memperlihatkan dua contoh kain batik tulis dengan motif khas Kutai Timur yang akan dibawa ke Indonesia Fashion Week 2019 mendatang
Tirah Satriani memperlihatkan dua contoh kain batik tulis dengan motif khas Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur yang akan dibawa ke Indonesia Fashion Week 2019 mendatang (Tribunkaltim/margaret)

“Pesawat kepresidenan penuh nih, dengan sarung Kain tenun Samarinda,” lanjut Mufidah yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranas menimpali pernyataan sebelumnya.

Melihat keindahan sarung tenun Samarinda dan produk anyaman rotan dan manik-manik dari beberapa daerah di Kalimantan Timur, Mufidah Kalla menyatakan, seluruh produk yang dihasilkan oleh pengrajin Kalimantan Timur.

Sudah sangat pantas di ekspor ke luar negeri. Ia menyakini, produk khas Kaltim dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya di dunia.

“Sudah sangat pantas dan layak produk khas Kalimantan Timur ini go international untuk dipasarkan dan dikenalkan di luar negeri. Jadi, kedepannya kita akan bicarakan soal itu,” tandasnya.

Itulah pula, dibeberkan Mufidah, tujuan dirinya beserta rombongan Pengurus Dekranas hadir di Samarinda, yakni dikatakan olehnya lagi, untuk memperkenalkan hasil karya pengrajin Kalimantan Timur di nasional maupun internasional.

“Itulah tujuan kita datang ke sini. Semua kerajinannya sangat bagus-bagus," tegas Mufidah Kalla

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved