Semen Kalimantan

Pabrik Semen Pertama di Kaltim, Semen Kalimantan Produksi Satu Juta Ton per Tahun

Semen Kalimantan tidak melakukan penambangan bahan baku semen, namun mendatangkan bahan baku utama dari Kalsel, Sulsel, Gresik, Thailand dan Oman.

Pabrik Semen Pertama di Kaltim, Semen Kalimantan Produksi Satu Juta Ton per Tahun
HO/Semen Kalimantan
Sales Manager Region SMD PT Semeru Surya Semen Anton Suryanto -DR. Edwin Halim, Sales Manager Region BPN Mulyono - Ir. Viva Oktaviani PS - Ir. Suharto - Diyat Susrini W, M.si - Ir. H. Syahransyah M.Si - GM Commercial Ferry Boen - Tri Darmaputra A ST, saat Rapat Kerja Ikatan Nasional Tenaga Ahli dan Konsultan Indonesia (Intakindo) Kaltim di Hotel Horison Samarinda, Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar rapat kerja, serta seminar mengenai pengendalian banjir di Kota Samarinda, yang didukung penuh oleh Semen Kalimantan (SK).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Aphokayan, Hotel Horison Samarinda, Sabtu (13/7/2019), dihadiri anggota Intakindo, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. Pada raker tersebut dirangkai dengan seminar penanganan banjir, yakni 'Solusi Penanganan Banjir Kota Samarinda'.

Ketua DPP Intakindo Kaltim, Diyat Susrini Widayanti; melalui Bendahara, Fernando Kalimau menjelaskan, rapat kerja tersebut merupakan agenda rutin, dengan pembahasan rancangan kerja, serta anggaran belanja organisasi, yang dilaksanakan oleh pengurus periode 2017-2021. "Intinya silaturahmi. Untuk rakernya membahasan program, serta anggaran belanja, dan ini rutin dilaksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, General Manager Commercial Semen Kalimantan, Ferry Boen; melalui Sales Manager, Anton Suryanto menjelaskan mengenai hadirnya pabrik Semen Kalimantan di Kaltim. Semen Kalimantan merupakan merek dagang PT Semeru Surya Semen, produsen semen lokal.

Lokasi pabrik terletak di Jalan Handil Binakarya, RT 01, Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan luas lahan mencapai 12 hektare dapat memproduksi semen per tahunnya mencapai satu juta ton, dan pabrik tersebut telah beroperasi pada akhir tahun 2018. "Ini merupakan pabrik semen pertama di Kaltim. Rata-rata karyawan merupakan warga sekitar. Sebulannya kami dapat produksi kurang lebih 80 ribu ton, yang telah dipasarkan di wilayah Kaltim dan Kaltara," tuturnya di sela rapat kerja Intakindo.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, membedakan pabrik Semen Kalimantan dengan pabrik semen lainnya yakni, pabrik Semen Kalimantan tidak melakukan penambangan bahan baku semen, namun mendatangkan bahan baku utama berupa Clinker dari Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Selatan (Sulsel), serta Gypsum dari Gresik, Thailand dan Oman. "Bahan baku kami datangkan dari luar, jadi lebih ramah lingkungan. Untuk peralatan produksi, kami datangkan dari Jerman. Kami ingin meramaikan pasar, dan menjaga ketersediaan semen di wilayah Kaltim, Kaltara dan sekitarnya tetap tersedia," jelasnya.

Terdapat tiga produk yang dipasarkan, yakni semen kantong seberat 50 kilogram, jumbo dan curah. Sedangkan distribusi dilakukan dengan menggunakan 80 persen jalur darat, dan sisanya melalui laut atau sungai. Pihaknya juga turut serta melakukan pembangunan jalan di sekitar pabrik Semen Kalimantan sepanjang kurang lebih 1,7 kilometer.(*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved