SD Negeri di Balikpapan Ini Tambah Eskul Bela Diri Nenek Moyang Pencak Silat, DPRD Angkat Bicara 

Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Kota Balikpapan, Windu Gunawan berencana melakukan usulan tambahan materi ekstra kurikuler (Eskul) di sekolahnya.

SD Negeri di Balikpapan Ini Tambah Eskul Bela Diri Nenek Moyang Pencak Silat, DPRD Angkat Bicara 
INASGOC
Pesilat Indonesia, Abdul Malik (kanan), saat bertanding melawan pesilat Vietnam, Dinh Tuan Nguyen, dalam babak 16 besar Kelas B Putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (23/8/2018). Abdul Malik akhirnya sukses meraih emas. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Kota Balikpapan, Windu Gunawan berencana melakukan usulan tambahan materi ekstra kurikuler (Eskul) di sekolahnya.

Materi Eskul tersebut nantinya akan meliputi bidang pengembangan bakat dan keterampilan serta kebugaran jasmani.

Keterampilan seni beladiri pencak silat dinilai sebagai materi eskul tambahan yang sangat cocok sebagai ajang pengembangan bakat anak pada bidang ilmu beladiri.

"Nanti saya akan diskusikan dengan internal kami, lalu kami usulkan di dinas pendidikan agar Pencak Silat itu menjadi materi eskul tambahan di SDN 001 Balikpapan, " ujar Windu Gunawan saat ditemui Tribunkaltim.co, pada Senin (15/6/2019).

Windu Gunawan menilai kehadiran eskul tambahan tersebut nantinya juga akan memberi pemahaman kepada peserta didik mengenai asal muasal beladiri Pencak Silat.

"Ini juga nantinya akan memberi pengetahuan kepada murid-murid bahwa Pencak Silat itu ternyata beladiri leluhur yang diwariskan oleh nenek moyang kita," katanya

Usulan Windu Gunawan tersebut ternyata mendapat respon positif dari DPRD Kota Balikpapan.

Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh mengatakan materi eskul beladiri juga sangat penting diadakan di sekolah-sekolah tidak hanya tingkat sekolah dasar tetapi juga sekolah tingkat lanjutan.

"Saya kira itu usulan yang menarik, karena pemahaman ilmu beladiri sejak dini itu juga penting diberikan kepada anak-anak, agar mereka mampu melindungi diri dari kejahatan yang mengintai," kata Abdulloh

Abdulloh juga menambahkan eskul di sekolah tidak melulu tentang keterampilan seni musik dan bola saja tetapi juga seni beladiri.

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved