Batu Kerikil Donggala Sering Dibawa Perorangan ke Balikpapan, Pemkab Sebut Daerah tak Dapat PAD

Bupati Donggala Kasman Lassa di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Daerah Kabupaten Donggala bukan hanya terkenal dengan perternakan sapi saja. Namun, 15 Kecamatan di Donggala menyimpan kekayaan alam bahan mineral logam dan batu.

Selama ini batu-batu krikil, logam yang ada di Kalimantan kebanyakkan didatangkan langsung dari Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Donggala Kasman Lassa di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur.

Kerjasama ini dari berbagai sektor, pertama adalah sektor pertanian, perternakan, dan perikanan, agar bisa meningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Donggala.

"Semua sektor kita kerjasamakan, mulai dari urusan sapi Donggala, perikanan, dan pariwisata. Kerjasama nota kesepahaman, dengan tanda tangan bersama. Paling utama ini bahan mineral logam dan batu," kata Kasman Lassa Bupati Donggala dalam sambutan yang Tribunkaltim.co simak.

Di Donggala ada sekitar 15 Kecamatan yang memiliki potensi alam batu krikil, batu gajah, batu halus dan sebagainya.

Kerjasama ini agar dengan mengirimnya ke Kota Balikpapan, karena puluhan tahun batu-batu untuk bangunan itu dari Donggala semua.

Secara keseluruhan dikirim ke Kalimantan, bukan hanya di Balikpapan, Samarinda, Pontianak semua dari Donggala.

"Kami punya galian C yang puluhan tahun tidak akan habis, karena semakim digali, semakin muncul batunya. Setiap minggu Donggala kirim 20 kapal tongkang yang membawa batu-batu untuk bangunan di Kalimantan," kata Bupati.

Bisa dihitung ada ribuan ton batu krikil dan lainnya yang masuk ke Kalimantan, termasuk ke Balikpapan.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved