Berita Pemkab Kutai Barat

Cegah Konflik, Pemkab Kubar Pasang 8 Patok Kelurahan Simpang Raya dan Barong Tongkok

Ini antara lain untuk mencegah terjadinya konflik karena sengketa tapal batas antar wilayah tersebut.

Cegah Konflik, Pemkab Kubar Pasang 8 Patok Kelurahan Simpang Raya dan Barong Tongkok
HUMASKAB KUBAR
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubar Yacob Tullur diapit para stafnya saat pemasangan patok tapal batas wilayah antara Kelurahan Simpang Raya dan Barong Tongkok secara simbolis, di Sungai Barong atau bawah Jembatan Kembar Tugu Macan Kompleks Perkantoran Bupati, Senin (15/7/2019). 

SENDAWAR - Pemkab Kutai Barat (Kubar) melakukan pemasangan 8 patok tapal batas wilayah antara Kelurahan Simpang Raya dan Barong Tongkok Kecamatan Barong Tongkok.

Pemasangan patok tapal batas antar wilayah dilakukan untuk memperjelas status penduduk dan mempermudah administrasi, serta mencegah terjadinya konflik karena sengketa tapal batas antar wilayah tersebut.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubar Yacob Tullur saat pemasangan patok tapal batas wilayah antara Kelurahan Simpang Raya dan Barong Tongkok secara simbolis, di Sungai Barong atau bawah Jembatan Kembar Tugu Macan Kompleks Perkantoran Bupati, Senin (15/7/2019).

Pemasangan patok tapal batas antar kedua kelurahan tersebut disaksikan Asisten I Sekkab Kubar Misran Effendi, M Yasir selaku Kabag Pemerintahan Sekkab Kubar, Sekcam Barong Tongkok Salkus, Lurah Simpang Raya Wihelmus dan Kasi Pemerintahan Kelurahan Barong Tongkok Riduansyah.

Diketahui, delapan tempat pemasangan patok tapal batas wilayah kedua kelurahan tersebut, terdiri patok pertama di pinggir Sungai Barong dekat Jembatan Kembar atau Tugu Macan Dahan Kompleks Perkantoran Bupati. Kedua, di pinggir Muara Sungai Tongkok atau anak Sungai Barong.

Ketiga, di kepala Sungai Barong Tongkok atau anak Sungai Barong, keempat di pinggir Sungai Barong atau dekat Pohon Banggeris/Tanyut Tuuh.

Kelima, di kepala Sungai Barong, keenam, di Simpang Empat Busur. Ketujuh, di pinggir badan Jalan Panek dan terakhir patok, dan kedelapan, di pinggir badan Jalan Naras Gunaaq atau Muara Jalan Panek.

Yacob Tullur menambahkan pemerintah daerah berjanji akan menyelesaikan batas-batas wilayah baik kecamatan, kelurahan dan kampung yang belum selesai. Hanya tahapannya tidak mudah.

Butuh proses melalui pertemuan, saling berkoordinasi dan berikutnya menyepakati. Kalau sudah disepakati dan diselesaikan secara bersama dengan musyawarah mufakat, pastinya akan memperjelas dan membantu kecamatan, kelurahan dan kampung dalam pengelolaan wilayahnya nanti, sehingga tidak bermasalah terutama dengan masyarakat.

Dia juga berharap selain camat, lurah, kepala kampung yang proaktif menyelesaikannya. Masyarakat pun harus proaktif juga, karena sering bermasalah itu adalah masyarakat terkait hak pribadinya.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved