Dana Hibah Rp 5 Miliar KONI Balikpapan Masih Jauh dari Harapan, Tiap Tahun KONI Butuh Rp 20 Miliar

Pengusulan kita mengacu pada program secara menyeluruh. Tapi dengan perubahan anggaran jadi kita harus menyesuaikan dari kondisi

Dana Hibah Rp 5 Miliar KONI Balikpapan Masih Jauh dari Harapan, Tiap Tahun KONI Butuh Rp 20 Miliar
Tribunkaltim.co/ Arif Fadillah
Kabid Perencanaan Program dan Anggaran KONI Balikpapan, Hasbi Muhammad. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Olahraga di kota Balikpapan saat ini menjadi salah satu keunggulan. Saat event olahraga daerah, Porprov 2018 Kutai Timur lalu, Balikpapan menjadi daerah peraih medali terbanyak ketiga dengan total 485 medali. Terdiri atas 129 emas, 143 perak, dan 213 perunggu membuat Balikpapan berasa di peringkat ketiga.

Tahun 2019 saat ini KONI Balikpapan mendapatkan anggaran berupa dana hibah dari Pemkot Balikpapan sebesar Rp 5 Miliar.

Tentu anggaran tersebut jauh dari harapan, mengingat dalam setiap perencanaan program setiap tahunnya KONI Balikpapan membutuhkan Rp 20 Miliar.

Hal itu dijelaskan Kabid Perencanaan Program dan Anggaran KONI Balikpapan, Hasbi Muhammad. Dengan anggaran Rp 5 Miliar dari pemkot tersebut, KONI Balikpapan harus memaksimalkan sebaik mungkin untuk pembinaan atlet.

"Pengusulan kita mengacu pada program secara menyeluruh. Tapi dengan perubahan anggaran jadi kita harus menyesuaikan dari kondisi bantuan yang ada.

Tahun ini dalam SK Walikota itu Rp 5 Miliar, tapi masih tahap pencarian," kata Hasbi Muhammad kepada Tribunkaltim.co, Selasa (15/7/2019).

KONI Balikpapan saat ini selalu fokus pada atlet yang berpotensi menghasilkan prestasi.

Dengan kondisi seperti itu tentu berharap kepada cabang olahraga untuk mandiri dalam pembibitan dan pembinaan awal atlet. Sehingga pembiayaan kepada cabor dikhususkan atlet yang menjadi lapis satu.

"Makanya kita selalu fokus memprioritaskan atlet lapis satu untuk menjadi pembiayaan di KONI. Makanya kita kembalikan ke cabor, dalam hal pembibitan awal kembali ke klubnya masing-masing, karena ada juga cabor melakukan pemungutan ke atlet-atlet untuk pembiayaan mandiri di klub," tambah Hasbi Muhammad.

Saat ini keanggotaan cabor di KONI Balikpapan sekitar 58 cabor. Tentunya pembagian anggaran secara merata, seperti pembiayaan rapat-rapat dan musyawarah kota tentunya. (Tribunkaltim.co/ Arif Fadillah)

Halaman
12
Penulis: Arif Fadilah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved