Mau Naik Haji di Usia Muda, Amalkan Doa Ini dan Ikuti Tipsnya

"Jangan tidak berniat. Itu perintah Allah. Jadi kita berniat saja naik haji. Urusan Allah yang memanggil," kata Kepala Kemenag Kaltara H Suriansyah

Mau Naik Haji di Usia Muda, Amalkan Doa Ini dan Ikuti Tipsnya
Tribunkaltim.co, M Arfan
Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Utara, H Suriansyah 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Naik haji di usia muda, kenapa enggak? Kepala Kanwal Kemenag Kalimantan Utara H Suriansyah menjelaskan, dari 9.435 waiting list atau daftar tunggu haji di Kalimantan Utara masih sangat sedikit anak-anak muda.

Kepada Tribunkaltim.co, Kepala Kanwal Kemenag Kalimantan Utara H Suriansyah berbagi tips bagaimana cara jitu agar anak-anak muda bisa berangkat menunaikan rukun Islam ke-5, tanpa harus menunggu tua.

Yang harus ditanamkan dalam lubuk hati, pertama adalah niat.

"Jangan tidak berniat. Itu perintah Allah. Jadi kita berniat saja naik haji. Urusan Allah yang memanggil nanti," kata Kepala Kanwal Kemenag Kalimantan Utara H Suriansyah, Selasa (16/7/2019).

Selain niat, langkah kedua adalah memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Doa yang mesti sering-sering diamalkan supaya bisa naik haji ialah sebagai berikut:

"ALLAAHUMMA RABBAL HILLI WAL HARAAMI, WA RABBAL MASY’ARIL HARAAM, WA RABBAL BAYTIL HARAAM, WA RABBAR RUKNI WAL MAQAAM, ABLIGHNAA LISAYYIDINAA MUHAMMADIN MINNAAS SALAAM"

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang menghalalkan dan mengharamkan, Tuhan pemelihara masy’aril haram, Tuhan pemilik Baitul Haram, rukun yamani dan makam Ibrahim, sampaikanlah salam kami kepada Nabi Muhammad SAW”.

"Hampir semua orang yang mengamalkan doa ini, maka sebelum meninggal dia bisa melaksanakannya (beribadah haji)," ujar Kepala Kanwal Kemenag Kalimantan Utara H Suriansyah.

Kepala Kanwal Kemenag Kalimantan Utara H SuriansyahSuriansyah berharap, jika ada keluarga yang memiliki rezeki yang cukup, maka anaknya yang usia 12 tahun boleh didaftarkan dan akan diberangkatkan saat berusia 18 tahun nanti.

Ia juga mengajak anak-anak muda gemar menabung sejak dini.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved