Pelepasan Jamaah Haji Asal Balikpapan, Begini Pesan Sang Wali Kota

Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, jamaah haji Indonesia merupakan jamaah yang jumlahnya paling besar di dunia.

Pelepasan Jamaah Haji Asal Balikpapan, Begini Pesan Sang Wali Kota
TRIBUN KALTIM / SITI ZUBAIDAH
Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat bersalaman dengan para calon jamaah haji asal Balikpapan di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC), Selasa (16/7/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ratusan jamaah haji Balikpapan akan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 19 Juli 2019 mendatang.

Sebelum keberangkatan, para jamaah haji dilepas secara simbolis oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC), Selasa (16/7/2019).

Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, jamaah haji Indonesia merupakan jamaah yang jumlahnya paling besar di dunia.

Ada 231.000 jamaah Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sudah terus melakukan perbaikan untuk semua fasilitas. Tapi, tetap saja bisa terjadi, jamaah yang hilang di masjid, hilang di pemondokan, atau sengaja menghilangkan diri," kata Rizal Effendi.

Oleh sebab itu, lanjut Rizal Effendi, para jamaah diimbau jaga kesehatan.

Jangan sampai pada saat masa puncak ibadah haji justru sakit.

"Karena ibadah haji berat kegiatannya, mulai dari Arafah dan Mina. Banyak jamaah ketika mau lempar jamarat malah sakit. Jadi tidak bisa melakukan rangkaian haji. Dijaga betul kesehatannya, sehingga benar ibadah di Mina dan Arafah terlaksana dengan baik," katanya.

Rizal Effendi pun mendoakan para jamaah semoga rangkaian hajinya lancar dan menjadi haji yang mambrur.

"Selamat bertugas untuk para petugas haji, jangan sampai sakit, karena petugas haji juga bisa sakit. Kita doakan semoga sehat terus. Jaga kekompakan, jaga silaturahim, budidayakan antre. Dipahami betul identitas jangan sampai hilang," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved