Petani Balikpapan Pamerkan Produk di Peda KTNA di Berau, Selalu Raih Juara Umum

Sebanyak 103 petani dan nelayan Kota Balikpapan akan memamerkan produk-produk terbaik,

Petani Balikpapan Pamerkan Produk di  Peda KTNA di Berau, Selalu Raih Juara Umum
TRIBUN KALTIM / ARIS JONI
Suasana pelepasan rombongan petani dan nelayan Kota Balikpapan ke Berau 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebanyak 103 petani dan nelayan Kota Balikpapan akan memamerkan produk-produk terbaik, di  Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang digelar di Berau pada 20-25 Juli mendatang.

Diolah menjadi produk ungggulan  akan dibawa oleh para petani secara sukarela. Contonnya, petani pepaya akan membawa bibit dan hasil pepaya terbaik di Kota Balikpapan.

Ketua Rombongan Tani, Warsito   mengatakan, ada 103 petani, nelayan, peternak se-Kota Balikpapan yang akan berangkat dalam rangka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan tingkat Provinsi Kaltim yang diadakan di Berau.

"Dimulai tanggal 20-25 Juli 2019. Agenda sangat banyak, tukar informasi dan tukar teknologi bersama teman-teman petani se-Kaltim," kata Warsito.

Petani se-Kaltim sekitar 2.350 orang akan berkumpul, adapun kegiatannya uji ketangkasan, uji kompetensi dan berbagai lomba.

"Ada juga uji keterampilan, kegiatan ini sudah ke-10 kalinya. Sebelumnya tiga tahun lalu diadakan di Penajam Paser Utara (PPU)," kata Warsito.

Selain itu,  ada pula pameran dan  para petani akan  memamerkan bahan-bahan petani yang terbaik.

Para petani Balikpapan, ada yang membawa olahan ikan, keripik salak, pepaya dan lainnya. Setiap tahunnya Kota Balikpapan selalu juara umum untuk pameran dan kompetisi.

"Kalau kompetisi selalu juara umum, dan juara satu, sebab para petani ini sukarela membawa bahan mentah, seperti kripik dan olahan ikannya. Semua hasil murni pertanian Kota Balikpapan," kata Warsito.

Untuk informasi, sebanyak 103 petani dilepas Walikota Balikpapan Rizal Effendi di Halaman Kantor Pemkot Balikpapan. (*)

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved