Selain HTI, Tjahjo Kumolo Sebut Masih Ada Ormas yang Tak Akui Pancasila sebagai Ideologi Bangsa

Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku sedih masih ada ormas yang tak akui Pancasila sebagai ideologi bangsa. Ancam bubarkan seperti HTI

Selain HTI, Tjahjo Kumolo Sebut Masih Ada Ormas yang Tak Akui Pancasila sebagai Ideologi Bangsa
KOMPAS.com/GHINAN SALMAN
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diwawancarai awak media usai menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/6/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO - Selain HTI, Tjahjo Kumolo Sebut Masih Ada Ormas yang Tak Akui Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

Sebelumnya, Pemerintah sudah membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI yang tak mengakui Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku sedih karena masih ada organisasi masyarakat yang menolak Pancasila sebagai ideologi negara.

"Sedih, selama 74 tahun kita merdeka tapi masih ada saja oknum dan ormas yang terang-terangan menolak idelogi Pancasila.

Ini menjadi tantangan kita bersama untuk mengatasi persoalan-persoalan semacam ini," kata Tjahjo di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Tjahjo Kumolo menegaskan, membuat ormas merupakan hak setiap warga negara sebagaimana diatur UUD 1945 yang membolehlan warga negara untuk berkumpul dan berserikat.

Ia pun mengaku tak mempermasalahkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan ormas.

Namun, Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa setiap ormas yang ada di Indonesia harus berkomitmen terhadap azas Pancasila.

"Silakan mau buat khotbah di tiap jam, di mana pun, tapi tolong komitmen terhadap asas Pancasila, mengakui kebinekaan, mengakui UUD 1945.

Jangan punya agenda lain," ujar dia.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved